Tools Yang Bisa Digunakan Untuk Team Work Dari Rumah

0
66
Tools untuk team work dari rumah
Tools untuk team work dari rumah

Bekerja dirumah atau Work From Home yang dianjurkan pemerintah untuk menghambat penyebaran virus corona atau Covid-19 karena menghindari keramaian da bertemu banyak orang. Dengan kecanggihan teknologi sekarang, itu tidak masalah.

Kesadaran anggota tim untuk menjaga komunikasi dan bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing, pekerjaan akan tetap lancar meski tidak perlu tatap muka, karena koordinasi bekerja sama bisa dilakukan secara online.

Berikut adalah Tools yang bisa kalian gunakan untuk team work, agar tetap produktif dari rumah:

1. Trello

Trello
Trello

Trello adalah aplikasi kolaborasi yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah proyek secara bersama-sama.

Trello mempunyai empat fitur utama di dalamnya: Boards, Lists, Cards, dan Menu.

    • Board (Papan) adalah nama sebuah proyek atau jurnal yang sedang kita jalankan. Dalam hal ini, nama Board kita adalah “Jurnal Tim Subtitle NAK ID”.
    • List (Daftar) adalah nama tahapan/bagian yang akan dijalani oleh sebuah card (tugas). Di list ini, ada tahapan, yaitu sebuah alur proses pengerjaan subtitle mulai dari request hingga done (akan dijelaskan lebih lanjut) dan ada bagian, yaitu daftar yang tidak terkait langsung dengan tahapan.
    • Card (Tugas) adalah sebuah unit yang merupakan tugas yang dibuat oleh seorang subtitler. Card ini akan melalui proses tahapan pada List yang diawali dari List Request dimana subtitler memasukkan card berisi video yang akan dia kerjakan atau yang dia ajukan untuk dikerjakan oleh subtitler lain dan akan berakhir pada List Done yang berarti video telah selesai disubtitle, diburn dan diupload ke channel Youtube NAK Indonesia.
    • Label adalah penanda singkat mengenai suatu keterangan tertentu. Mungkin bisa disamakan seperti sticky notes.
Baca juga:   7 Aplikasi Meeting Online alternatif selain Zoom yang bisa Kamu Coba untuk Work From Home

2. Planyway

Planyway
Planyway

Planyway for Trello membantu anda untuk menggambarkan dan menyampaikan rencana strategi projek kalian, bagikan sebuah tabel dengan semua anggota tim kalian, dan lihat apa yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim dan waktu untuk setiap tugas.

3. Atlassian Jira

Atlassian Jira
Atlassian Jira

Perangkat Lunak Jira dibangun untuk setiap anggota tim perangkat lunak kalian untuk merencanakan, melacak, dan merilis perangkat lunak yang hebat.

4. Time Doctor

Time Doctor
Time Doctor

Time Doctor adalah perangkat lunak pelacakan waktu karyawan yang membantu Anda dan tim Anda menyelesaikan lebih banyak hal setiap hari. Cobalah secara gratis.

5. Slack

Slack
Slack

Slack adalah salah satu aplikasi yang mendukung untuk berkomunikasi tim. Suatu perusahaan yang memiliki banyak karyawan umumnya mengelompokkan karyawannya dalam tim sesuai perannya. Di Slack kita dapat membuat sebuah tim berisi beberapa orang anggota yang terkait dengan tim tersebut. Slack sebagai media komunikasi, selain untuk berkirim pesan/chat realtime, juga memiliki fitur lain seperti melihat proses kinerja dalam mengelola proyek, berbagi berkas, dan juga fitur-fitur lain yang dibutuhkan untuk produktivitas tim.

Baca juga:   Mau Bikin Aplikasi Android Tanpa Ngoding? Kunjungi Website Berikut Ini!

6. Microsoft Teams

Microsoft Teams
Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah pengalaman yang benar-benar baru, yang menyatukan orang-orang, percakapan, konten, serta alat yang diperlukan tim agar mereka dapat berkolaborasi dengan mudah guna meraih lebih banyak hal. Microsoft Teams terintegrasi secara normal dengan aplikasi Office yang sudah tak asing lagi dan disusun dari awal di awan Office 365 yang aman dan global. Mulai hari ini, Microsoft Teams tersedia sebagai pratinjau di 181 negara dan dalam 18 bahasa untuk pelanggan komersial dengan paket Office 365 Enterprise atau Bisnis, yang diperkirakan tersedia untuk umum pada kuartal pertama tahun 2017.

Itulah beberapa rekomendasi Tools untuk meningkatkan produktivitas bekerja kalian bersama team saat menjalankan pekerjaan dari rumah. Semoga makin produktif dan stay safe!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here