Tips Mengamankan Akun Cpanel dari Insiden Keamanan

0
33

Keamanan memang menjadi prioritas utama bagi setiap pengguna. Dengan keamanan yang lemah akan menjadi celah yang dapat disalahgunakan. Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 22 Agustus 2019 beberapa provider hosting di indonesia mengaku bahwa salah satu servernya telah diakses oleh pihak ketiga tanpa memiliki izin. Melalui sebuah blog  post, niagahoster mengumumkan bahwa ada pihak ketiga yang tidak memiliki izin, telah mengakses API sistem internal, di mana didalamnya terdapat akses ke password terenkripsi dan data lain tentang pelanggan mereka. Di dalam database ini terdapat username pelanggan, email, password terenkripsi, nama depan, dan IP address yang telah diakses oleh pihak ketiga tanpa izin.

Sebagai bentuk pencegahan dan peningkatan keamanan pihak provider telah  me-reset semua password user, sehingga Akun pelanggan Niagahoster dan data yang tersimpan dalam akun tersebut seperti website, domain, email hosting, dll tidak terdampak.

Belajar dari insiden keamanan tersebut, Berikut ini ada beberapa Tips yang dapat diterapkan untuk Mengamankan Akun Cpanel dari Insiden Keamanan:

Baca juga:   Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Gunakan Password yang Sangat Kuat

Password yang kuat saja Belum cukup untuk menganmankan akun anda. Selalu ada kemungkinan dibobol oleh hacker apalagi jika anda menggunakan password yang lemah. Untuk itu gunakanlah password yang kuat baik itu untuk password utama cPanel anda, password direktori, password email dan password-password lainnya. Lihat pada indikator password yang telah disediakan pada cPanel. Saat membuat password, usahakan minimal indikator password dalam level Strong (kuat), bila perlu sampai level Very Strong (Sangat Kuat).

Untuk membuat password yang sangat kuat ikuti tips-tips berikut :
  • Hindari password yang menggunakan nama anda, nama keluarga, nama pacar dan nama-nama yang terlalu mainstream dan mudah ditebak.
  • Hindari penggunaan tanggal lahir sebagai kombinasi password.
  • Hindari penggunaan password yang sama dengan password email, facebook atau password-password anda lainnya.
  • Gunakan kombinasi huruf, angka, simbol dan karakter pada password anda. Gunakan juga kombinasi huruf besar dan huruf kecil.
  • Semakin rumit dan tidak berpola password anda maka akan semakin kuat password anda. contoh : qi7h4m&5iKaQq)+!0(00P?ns3I#U7G8iw2=p , password ini memang hampir mustahil untuk diingat tapi sangat kuat.
  • Selalu update password anda secara berkala misalnya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Semakin sering semakin baik walaupun akan merepotkan.
Baca juga:   Pentingnya Website untuk Bisnis Anda

Gunakan Fitur Two Factor Authentication

Untuk keamanan yang lebih baik Gunakan Fitur Two Factor Authentication (“2FA” atau dikenal juga dengan “two-step verification”) atau Verifikasi Dua Langkah Bila tersedia pada layanan

Hati-Hati Dalam Penggunaan Email

Hati-hati dalam penggunaan email anda, karena tanpa disadari email dapat menyedot disk space dan bandwidth, terutama bagi anda yang sering menggunakan file attachment nantinya disk space anda akan membengkak atau bandwidth anda habis.

Pantau Penggunaan Resource

Bagi anda pengguna hosting shared, rajin-rajinlah untuk mengecek penggunaan resource server anda. Jika penggunaan resource server anda terlalu tinggi, kurangi software atau plugin yang anda install pada website anda.

Itulah Beberapa Tips yang dapat diterapkan untuk Mengamankan Akun Cpanel dari Insiden Keamanan, Semoga Bermanfaat.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here