Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

0
319

Penggunaan media internet sebagai sarana bisnis memang menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk para pebisnis pemula yang belum memiliki banyak modal. Membuka online shop merupakan hal yang mudah untuk dilakukan di zaman modern ini, bahkan ada pebisnis pemula yang memanfaatkan sistem dropship untuk membuka online shop sehingga hampir tidak membutuhkan modal sama sekali.

Bermodalkan nama yang unik serta ketekunan menjalankan usaha, maka mulailah para perintis online shop mencari calon customer dan mengumpulkan reputasi yang baik dari pelayanan yang berkualitas. Untuk mendukung proses pemasaran, biasanya para pemilik online shop akan memanfaatkan media sosial seperti #Facebook, #Twitter, atau Instagram untuk memasarkan produknya. Namun pemilik online shop yang lebih tekun biasanya rajin membuat blog gratis macam Blogger.com atau WordPress.com dengan tampilan menarik untuk memikat calon pelanggan.

Saat ini penggunaan blog gratis sebagai sarana iklan bagi online shop nampaknya sudah mulai bergeser karena beberapa alasan. Alasan yang pertama adalah karena blog gratis menyediakan fasilitas yang sangat terbatas, terutama dalam hal desain. Alasan lainnya adalah maraknya penipuan berkedok online shop dengan menggunakan platform gratisan. Si penipu akan berkedok menjadi pemilik online shop yang menawarkan produk super murah.

Bila kita memiliki sedikit modal dari profit online shop, tak ada salahnya menyisihkan modal tersebut untuk menyewa jasa pembuatan website profesional. Membuat website profesional tentu menunjukkan kesungguhan dalam menjalankan bisnis online shop. Biaya yang diperlukan untuk membuat website pun relatif murah yakni berkisar ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Untuk itu, kita juga harus cermat dan teliti dalam memilih jasa pembuatan website agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini terdapat beberapa poin penting yang harus  kita perhatikan ketika akan menyewa jasa pembuatan website :

Baca juga:   Cara untuk Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone Android

1. Perhatikan Legalitas dan Kredibilitas

Legalitas dan kredibilitas atau nama baik merupakan hal paling penting dalam memilih jasa pembuatan website. Pastikan bahwa jasa pembuatan website yang kita pilih merupakan usaha yang legal. Karena saat ini terdapat beberapa penyedia jasa pembuatan website yang kurang bertanggung jawab. Anda bisa melihat kredibilitas sebuah penyedia layanan pembuatan web dengan memperhatikan beberapa hal, pilihlah penyedia jasa yang sudah terpercaya dan memiliki banyak klien yang puas dengan pelayanan mereka.

2. Harga yang Sesuai

Harga yang sesuai bukan berarti harus semurah mungkin. Namun disini kita harus cermat membandingkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas yang akan disediakan nantinya. Bila memiliki budget yang cukup, tak ada salahnya membayar sedikit mahal untuk mendapatkan fasilitas yang mumpuni. Toh nantinya jika Anda memilih paket dengan harga yang lebih tinggi, maka online shop Anda juga akan berjalan dengan lebih baik. Yang terpenting adalah tetap jeli melihat apakah penyedia jasa tersebut benar-benar terpercaya. Jangan sampai dana besar sudah digelontorkan, tapi hasilnya jelek atau tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

3. Tingkat Keamanan Data

Keamanan data merupakan salah satu hal penting dalam sebuah bisnis, terlebih lagi apabila memiliki online shop yang terhubung dengan koneksi internet. Berbagai data penting seperti data stock barang, data pembelian, identitas customer dan deskripsi produk tentu harus diproteksi secara aman agar tidak berpindah tangan ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan tersebut pada umumnya dapat dilihat dari bagaimana penyedia jasa memberikan pengelolaan data dan website online shop kita. Untuk hal tersebut, Anda bisa menyerahkan pada seorang webmaster.

Baca juga:   Mengenal Peran Website Dalam Bisnis Online

4. Tersedianya Fitur yang Lengkap

Tampilan serta fitur yang lengkap merupakan daya tarik sebuah toko online dan secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap ketertarikan calon customer untuk menjelajahi website Anda lebih jauh lagi. Dengan demikian, penting untuk menggunakan jasa pembuatan website yang menyediakan website yang menarik dan user-oriented. Berbagai fitur menarik seperti shopping cart dan fitur pembayaran online tentu akan menunjang kemudahan dan kenyamanan customer ketika berbelanja di online shop kita.

5. Pilih Jasa Yang Menawarkan Support dan Garansi

Pilihlah jasa pembuatan website yang menyediakan garansi atau support untuk menangani gangguan teknis yang terjadi sewaktu-waktu pada website Anda. Jangan lupa juga memilih jasa pembuatan website yang fleksibel dan mudah diajak berdiskusi untuk membantu menentukan desain dan fitur website yang sesuai dengan keinginan.

Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki sebuah toko online, mengeluarkan modal minim untuk menyewa jasa pembuatan online shop pasti akan sangat bermanfaat untuk jangka panjang. Selain tampilan website toko online Anda terlihat lebih profesional, support dari penyedia jasa pembuatan toko online tersebut akan sangat membantu.

Salah satu jasa pembuatan website yang saya rekomendasikan adalah DEVHOZ.com Pihak DEVHOZ.com menawarkan website profesional yang mobile friendly, seo friendly, berorientasi penjualan, namun dengan harga terjangkau untuk bisnis UKM Anda. Selain itu, DEVHOZ.com juga menyertakan layanan purna-jual seperti bantuan teknis dan bantuan editorial untuk mengelola website Anda.

Demikian tips singkat yang bisa kita jadikan acuan ketika mencari jasa pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan pemilik bisnis online. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis online di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here