Tips Agar Tetap Terjaga Dari Bahaya Malware

0
20

Malware (Malicious Software) adalah program berbahaya yang dibuat untuk merusak sistem komputer, menghambat akses internet, dan yang paling berbahaya untuk mencuri informasi personal si korban. Contoh Malware : Virus, Ransomware, Rootkit, Trojan horse, dll.

Pengamat keamanan siber dari Communication Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menuturkan bahwa secara umum malware tidak terlihat karena masuk dengan cara ‘sembunyi-sembunyi’.

Perlu kalian ketahui 1 dari 13 website mengandung Malware dan 3101 Malware menyerang daerah Sumatera, Jawa dan Bali. Terdapat lebih dari 150 juta serangan Malware yang terdeteksi di dunia.

Bukan hanya itu, 1 dari 131 email mengandung Malware. Malware yang menargetkan perangkat mobile semakin naik 54%. Kalau sudah begini bagaimana kalian menghindari ancaman Malware?

Berikut kita berikan tips agar tetap terjaga dari Malware:
1. Yang pertama, jangan gunakan perangkat lunak bajakan.
2. Pastikan flash disk atau hard disk yang terkoneksi ke perangkatmu aman dari virus.
3. Hindari membuka email dan website yang mencurigakan.
4. Lakukan update software dan anti virus yang ada diperangkatmu secara berkala.

Yuk cegah dengan tips diatas, agar perangkat lunak kalian terjaga dari bahaya Malware. Tapi yang paling penting dari itu semua adalah kehati-hatian Anda ketika menggunakan Internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here