Tak Perlu Khawatir, Dosen IPB Ciptakan Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi

0
234
Aplikasi penerjemah tangisan bayi
Aplikasi penerjemah tangisan bayi

Medhanita Dewi Menanti (36), seorang dosen IPB asal kabupaten Banyuwangi berhasil menciptakan aplikasi yang dapat menerjemahkan 5 jenis tangisan bayi usia 0-3 bulan. Aplikasi penerjemah tangisan bayi ini bernama Madsaz, aplikasi ini digarap bersama dengan tim sekolah Vokasional IPB. Kalian bisa mendownloadnya Disini

5 Jenis tangisan yang dapat diterjemahkan aplikasi Madsaz ini antara lain:

– bayi lapar,
– bayi lelah atau mengantuk,
– bayi ingin bersendawa,
– bayi masuk angin atau perut kembung
– bayi yang tidak nyaman bisa karena popok basah, udara terlalu panas atau dingin.

Sampai saat ini, aplikasi tersebut sudah di-download sebanyak 100.000 lebih pengguna android dari 98 negara. Ada list detail negaranya mulai dari Afganistan, Jepang, Suriah, Portugal, dan juga negara di Asia. Tangis bayi ini bersifat universal walaupun berbeda negara, suku, bangsa dan bahasa.

Aplikasi Madsaz
Aplikasi Madsaz

Cara Menggunakannya

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah yaitu dengan menekan tulisan ”REKAM” (IN) atau “RECORD”(EN) ketika bayi menangis. Output/arti tangis bayi akan ditampilkan di layar HP dalam waktu kurang lebih 20 detik setelah proses perekaman (button berwarna pink untuk klasifikasi output yang dihasilkan). Selain menampilkan arti tangis bayi, aplikasi ini akan menampilkan solusi yang dapat dilakukan oleh orang dewasa kepada bayi sesuai dengan klasifikasi tangisannya.

Baca juga:   HID Global Dikategorikan Sebagai Pemimpin, Posisi Tertinggi Dalam Kuadran Matriks Laporan “Magic Quadrant for Indoor Location Services, Global” 2020

Dalam keterangannya aplikasi ini bertujuan untuk para orang tua yang baru mempunyai anak dapat dengan cepat dan mudah mengetahui arti tangisan bayinya. Hal ini membuat orang tua merasa lebih percaya diri dalam mengasuh bayinya dan by the end of the day, tingkat stres mereka berkurang signifikan. Di sisi lain, bayi cepat tenang karena orang tua dapat mengambil tindakan yang tepat berdasarkan arti tangisan bayinya. Ketenangan ibu dan anak ini tentunya sangat berdampak terhadap kesehatan keduanya.

Dengan aplikasi penerjemah tangisan bayi ini kalian tidak perlu khawatir lagi jika sang buah hati tiba-tiba menangis.

Info tambahan

Setelah meninjau aplikasi Madsaz di Playstore, dalam reviewnya banyak yang mengalami kendala tidak bisa menekan tombol rekam. Untuk mengatasi hal ini coba cara berikut:

Ketika selesai menginstall aplikasi Madsaz, aktifkan permissions/izin, Pilih bahasa IN/EN, pilih rekam/record ketika bayi menangis (proses merekam sktr 10 detik). Kemudian tunggu sekitar 20 detik, output yang dihasilkan diantara 5 klasifikasi tersebut ditandai dengan button pink dan ada button solusinya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here