Sudah Tidak Asing, Yuk Cari Tahu Apa Itu reCAPTCHA Serta Fungsi dan Tujuannya

0
73
reCAPTCHA
reCAPTCHA

Pasti kalian sudah tidak asing dengan kata reCAPTCHA. Kata ini sering kita temui saat menu Log in dalam sebuah situs atau aplikasi apapun dengan cara mengetikan gambar tulisan yang telah disediakan.

Pengertian

reCAPTCHA adalah layanan gratis dari Google yang membantu melindungi situs web dari spam dan penyalahgunaan. Sedangkan Captcha sendiri merupakan tes turing untuk membedakan manusia dan bot. Berikut ini merupakan penjelasan reCAPTCHA dan cara untuk mengatasi kode CAPTCHA yang tidak muncul, hingga jenis nya yang sudah sampai ke re CAPTCHA v3.

reCAPTCHA digunakan untuk mengidentifikasi sebuah perangkat benar-benar dipakai manusia atau bot. Jika manusia yang mengoperasikan perangkat, maka akan mudah untuk mengisi kode captcha, tetapi sulit untuk “bot” dan perangkat lunak berbahaya lainnya untuk mengetahuinya. Dengan menambahkan reCAPTCHA ke situs, pengguna dapat memblokir perangkat lunak otomatis sambil membantu pengguna untuk masuk ke sebuah situs dengan mudah. Cara ini dapat diuji coba pada demo Captcha yang disediakan Google.

Fungsi dan Tujuan

Captcha digunakan terutamanya untuk mengelakkan perisian automatik (bot) dari melakukan tindakan sama seperti manusia melakukan sign up atau login dan sebagainya. Misalnya ketika sign up untuk akun email baru, kalian akan menemui Captcha ini di bagian bawah sign-up, Ini sebenarnya untuk memastikan bahwa form tersebut hanya boleh diisi oleh manusia dan bukannya diisi secara otomatis atau diisi oleh komputer bot. Mustahil bagi bot untuk menekan dengan tepat suatu captcha yang dihasilkan. Jika fitur ini tidak digunakan, maka bertambah banyaklah akun yang dihasilkan oleh bot.

Baca juga:   Akhirnya COE FaceApp Angkat Bicara Soal Hal Negative Aplikasinya

Ya, itulah fungsi captcha yang bisa kalian pasang di website kalian. Dengan memasang fitur ini di login form atau registrasi di website kalian maka hal ini dapat menghalangi spam bot. Namun itu baru funsgi utamanya saja. Karena faktanya, fitur captcha ini masih memiliki banyak kegunaan lainnya.

Berikut beberapa fungsi captcha dan kegunaanya bagi website kalian:

1. Mencegah Komentar Spam di Website atau Blog
2. Melindungi Pendaftaran di Website
3. Melindungi Alamat Email Dari Scrapper
4. Mencegah Serangan Kamus Pada Website atau Blog
5. Mencegah Search Engine Bot
contoh reCAPCTCHA
contoh reCAPCTCHA

Versi reCAPTCHA

Saat ini reCAPCTCHA memiliki 3 versi yaitu: reCAPTCHA v1, v2, dan v3. reCAPTCHA v1 merupakan bentuk untuk menyalin berbagai kode huruf (CAPTCHA). Sedangkan v2 terlihat dengan tampilan yang lebih baru. Pada umumnya reCAPTCHA v2 terdapat tulisan “I’m not a robot”, dan untuk pengguna tinggal melakukan check list yang tersedia disamping tulisan tersebut.

reCAPTCHA bekerja dengan pembaca layar utama seperti ChromeVox (Chrome OS), JAWS (IE / Edge / Chrome pada Windows), NVDA (IE / Edge / Chrome pada Windows) dan VoiceOver (Safari / Chrome on Mac OS).

Selain itu, reCAPTCHA akan memperingatkan pembaca layar tentang perubahan status, seperti ketika tantangan verifikasi reCAPTCHA selesai. Statusnya juga dapat ditemukan dengan mencari tajuk berjudul “status recaptcha” di bagian “widget recaptcha” pada halaman. Lihat Pesan Status ARIA reCAPTCHA untuk informasi lebih lanjut.

Sedangkan reCAPTCHA v3 yang tampilannya terlihat lebih modern. Dikutip, laman resmi google reCHAPTCHA v3 dapat membantu Anda mendeteksi lalu lintas yang kasar di situs web Anda tanpa ada gesekan pengguna. Hal ini akan mengembalikan skor berdasarkan interaksi dengan situs web Anda, dan memberi lebih banyak fleksibilitas untuk mengambil tindakan yang sesuai.

Baca juga:   Yahoo Groups Tutup, Inilah Fakta-Fakta Unik Tentang Yahoo!

Cara Menampilkan reCAPTCHA di Internet Explorer

Berikut adalah cara untuk menampilkan reCAPTCHA di Internet Explorer, menurut support.google.com adalah dengan mematikan tampilan kompatibilitas, pada:

1. IE 10

Di Internet Explorer, tekan tombol Alt untuk menampilkan bilah Menu, atau tekan dan tahan bilah alamat dan pilih Bilah menu. Lalu, klik Alat dan pilih pengaturan Tampilan Kompatibilitas. Kemudian pilih google.com di bawah “Situs web yang telah Anda tambahkan ke Tampilan Kompatibilitas.” Dan klik Hapus.

2. IE 9

Di Internet Explorer, tekan tombol Alt untuk menampilkan bilah Menu, atau tekan dan tahan bilah alamat dan pilih Bilah menu. Kemudian klik Alat dan pilih pengaturan Tampilan Kompatibilitas, pilih google.com di bawah “Situs web yang telah Anda tambahkan ke Tampilan Kompatibilitas.” Dan klik Hapus.

3. IE 8

Di Internet Explorer, buka menu Alat di bagian atas dan pilih Pengaturan Tampilan Kompatibilitas. Kemudian pilih google.com di bawah “Situs web yang telah Anda tambahkan ke Tampilan Kompatibilitas.” Lalu, klik Hapus.

Google-recapcha
Google-recapcha

Jadi itulah beberapa hal mengenai reCAPTCHA beserta fungsi dan tujuannya. Tahukah kalian sebelum Capctcha ditemukan banyak hacker yang membuat program dimana program itu bisa membuat registrasi berulang-ulang, otomatis dan yang pastinya para hacker tersebut menggunakannya untuk disalahgunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here