Solusi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca Di Laptop

0
89
HDD Eksternal tidak terbaca
HDD-Eksternal

Harddisk eksternal atau yang sering kita bilang HDD eksternal ini merupakan alat yang biasa kita guakan untuk menyimpan cadangan data. Dibanding harus menyimpan data di cloud, Gdrive atau penyedia penyimpanan online lainnya, orang lebih memilih menyimpan data mereka di Harddisk eksternal karena bisa diakses di mana saja tanpa menggunakan koneksi internet.

Tapi bagaimana jika tiba-tiba harddisk eksternal tidak terbaca di laptop maupun PC kalian? Kejadian seperti itu bisa saja terjadi dan membuat kalian kesal dan kesulitan dalam mengakses data yang ada di harddisk kalian tersebut.

Coba cara-cara berikut ini untuk memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca:

1. Mendeteksi Driver

Silahkan lihat di Windows Explorer apakah HDD kalian sudah muncul sebagai driver baru. Jika ada pemberitahuan kalau HDD sudah dikenali tapi tidak muncul di Windows Explorer gunakan Disk Management. Caranya:

  • Tekan Windows Key + R, ketik diskmgmt.msc di dalam kolom dialog Run, lalu tekan Enter.
  • Kalian akan melihat daftar drive Disk Management Windows. Jika tidak muncul di komputer kalian karena bukan termasuk partisi, tetap akan muncul disini.
  • Didalam Disk Management ini kalian bisa memformat, menata partisi, mengganti nama drive, dan sebagainya.
Baca juga:   Cara Buat Email dan Daftar Akun Gmail Lewat HP Android

2. Mencoba Port USB Lain

Kalian coba langkah yang sama seperti di atas tapi menggunakan laptop atau komputer yang berbeda.

  • Tekan Windows Key + R, ketik diskmgmt.msc di dalam kolom dialog Run, lalu tekan Enter.
  • Carilah Disk Drive dan lihat apakah ada tanda seru kuning di sebelahnya. Jika ada tanda seru kuning, maka masalahnya adalah driver. Klik kanan pada perangkat tersebut dan pilih Properties dan lihat error message.
  • Kalau di Disk Management terdeteksi tetapi drive tidak dapat bekerja walau di komputer lain, atau kalian tidak memiliki komputer lain, masalahnya mungkin di driver. Kalian dapat memeriksanya dengan menggunakan Device Manager.
  • Atau kalian juga bisa menginstal ulang driver tersebut dengan menggunakan Roll Back Driver atau mengupdate drivernya.

3. Apakah Terjadi Bad Sector

Untuk menangani masalah tersebut, coba langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika bad sector dialami oleh harddisk kalian.

  • Untuk penanganan awal kalian dapat menggunakan perintah Format C: (Sesuaikan dengan drive yang hendak di format).
  • Jika tidak berhasil, Kalian dapat menggunakan program disk manager dari masing-masing pabrik pembuat harddisk.
  • Jika belum berhasil juga, Kalian dapat menggunakan software HDDREG, software tersebut dapat kalian download di internet.
  • Jika masih belum berhasil juga, coba Low Level Format atau Zero File. Memformat harddisk yang akan mengakibatkan file di dalam harddisk yang hilang.
  • Jika masih tidak berhasil juga, Kalian dapat memotong sector harddisk yang rusak dengan cara membagi harddisk serta tidak menggunakan harddisk yang rusak.
Baca juga:   Mengenal Istilah Quick Count Serta Cara Kerjanya Dalam Dunia Teknologi

Itulah beberpa solusi jika harddisk eksternal kalian tidak terbaca. Kemungkinan bahwa HDD eksternal memiliki beberapa masalah jadi tidak dapat digunakan. Tapi jangan langsung menyimpulkan jika HDD eksternalnya rusak, karena penyebab HDD yang tidak terbaca bisa bermacam-macam.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here