Seorang System Analyst Harus Menguasai Keterampilan Ini

0
122
System Analyst
System Analyst

System analyst adalah profesi di tim engineering yang melakukan analisis, desain, dan implementasi sebuah sistem. Tugas pokok seorang System Analyst (selanjutnya saya singkat Analis) adalah mendefinisikan kebutuhan user, menyusun solusi yang efektif, dan mengawal masa transisi (awal) penggunaan sistem.

Posisi system analyst biasanya diisi lulusan sistem informasi atau teknik informatika. Tapi seiring perkembangan, orang berlatar belakang programmer atau keuangan dan audit juga bisa menjadi system analyst.

Bahkan kini ada kelas online yang membahas lebih komprehensif cara menjadi system analyst. Jika kamu ingin terjun ke profesi ini, ada beberapa keterampilan dasar yang harus diketahui.

Sistem administrasi

Sistem administrasi
Sistem administrasi

Baik di sekolah, perusahaan, atau badan pemerintahan, seorang system analyst harus menguasai konfigurasi sebuah software dan program yang diakses pengguna. Mereka dituntut untuk mengakomodir sistem agar dapat diakses banyak orang. Tanpa mengurangi kemampuan sistem tersebut.

Analisis bisnis

Analisis bisnis
Analisis bisnis

System analyst harus bisa identifikasi dan evaluasi bisnis yang memiliki hubungan dengan teknologi yang dikembangkan perusahaan. Mereka harus menunjukan pengetahuan bahasa pemrograman (HTML, CSS, dasar kerja server, database, dll) dan memahami bagaimana teknologi bisa meningkatkan fungsi bisnis di perusahaan.

Baca juga:   Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

Manajemen proyek

Manajemen proyek
Manajemen proyek

Menjadi system analyst berarti harus bisa mengelola banyak proyek dalam berbagai macam skala. Keterampilan ini penting karena mereka nantinya tidak akan kesulitan melakukan perubahan kecil maupun besar.

Itulah beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang system analyst. Bukan tanpa maksud, keterampilan-keterampilan itulah yang nantinya akan memudahkan pekerjaan kalian saat menjadi seorang system analyst.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here