Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

0
900

Hai sobat Devhoz, bagaimana kegiatan sehari-hari kamu? Pasti menyenangkan ya, diantara banyaknya kegiatan keseharian kamu pasti disadari atau tidak kamu menggunakan akses internet. Mulai dari berkomunikasi dengan orang yang berada jauh disana melalui sosial media seperti whatsapp, line, instagram, twitter, facebook dan jejaring sosial yang lainnya kamu bisa merasa lebih dekat dengan siapa saja dan di mana saja.

Belum lagi kalau kamu suka berbelanja di online shop, mau barang lokal sampai yang dari luar indonesia juga bisa kamu akses secara cepat jika internet kamu memadai. Sebenarnya sangat banyak kegiatan sehari- hari kita yang menggunakan akses internet sebagai syarat utamanya, tapi tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui sejak kapan sih internet itu masuk ke negeri kita sampai bisa kita nikmati sampai sekarang ini? yuk mari kita bahas Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia.

Sejarah internet di Indonesia

Pada awal tahun 1990-an internet Indonesia dimulai. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, di mana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Baca juga:   Daftar Nama Domain Negara di Dunia

Awal Internet Indonesia

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Internet Service Provider Indonesia

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan izin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Baca juga:   Cara Mengatasi DNS Server Not Responding Di Windows 10

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Tahun 1995 – Sekarang

Akhirnya, akses internet Indonesia terus berkembang dengan seiringnya waktu. Indonesia dapat dibilang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sampai sekarang ini. Menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), lembaga yang dapat memperkirakan pengguna internet, pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2014 mencapai sekitar 88,1 juta dan itu diperkirakan terus meningkat karena diiringi teknologi mobile yang semakin canggih dan juga terjangkau.

Penutup

nah sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana sejarah internet dari awal hingga sekarang. semoga kita sebagai penggunanya dapat menggunakan akses internet dengan bijak dan sehat. karna sampai saat ini sejarah internet masih terus berkembang. dan kamu merupakan bagian dari itu. Sekian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here