Progressive Web App, Membuat Website Lebih Cepat!

0
37
PWA-Progressive Web Apps
PWA-Progressive Web Apps

Siapa sih yang gak mau akses websitenya jadi lebih cepat? Karena akses yang lambat hanya akan membuat pengunjung meninggalkan website kalian. Salah satu solusi untuk membuat akses website lebih cepat adalah PWA (Progressive Web Apps).

PWA adalah singkatan dari Progressive Web App, sebuah aplikasi yang dibangun dengan melakukan optimasi pada sebuah website. Sederhananya, PWA memungkinkan kita untuk bisa mengakses dengan cepat suatu aplikasi dengan tampilan mobile web pada perangkat smartphone.

PWA didukung dengan sistem yang bernama Service Worker, dimana teknologi ini memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, pergantian konektifitas dan lainnya. Sehingga, dalam koneksi yang lambat atau koneksi yang tidak stabil, Anda dapat mengakses website dengan cepat dan mempunyai tampilan yang sama seperti terakhir kalian membuka aplikasinya melalui web browser.

Ciri-ciri website sudah terpasang PWA

  1. Instant loading
    Hal ini lah yang dinamakan service worker dimana kita dapat mengkases aplikasi / website meskipun dalam keadaan offline sekalipun.
  2. Connectivity Independent
    Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, fitur ini dapat mempermudah kita mengakses di kondisi koneksi apapun.
  3. App-like Mode.
    Dengan menggunakan PWA ini, seolah kita membuat aplikasi native pada smartphone yang tidak harus diinstal pada smartphone kita. Ini memungkinkan karena PWA sendiri dibuat dengan model App Shell dalam full screen mode.
  4. Fresh dan Safe
    PWA lebih smooth dan dapat diakses dengan cepat selain itu juga dapat diakses dengan aman melalui perangkat apapun.
  5. Discoverable
    PWA bisa teridentifikasi sebagai “aplikasi” oleh mobile device, dengan menggunakan W3C Web App Manifest dan Service Worker registration scope yang memungkian mesin pencari bisa menemukannya. Padahal kita tidak menginstal aplikasi tapi diakses melalui PWA.
  6. Re-engageable, Installable, dan Linkable
    ketiga poin ini menggambarkan PWA mempunyai fitur yang sangat beragam sehingga akan lebih praktis digunakan. seperti yang kita ketahui, saat kita mengakses suatu website yang terintegrasi dengan PWA, akan memunculkan notifikasi apakah kita ingin menambahkan ke Homescreen, jika iya, maka aplikasi akan muncul di homescreen tanpa harus melewati proses intalasi, dan untuk mengaksesnya tinggal melakukan klik icon aplikasi pada homescreen.

Kelebihan PWA?

Google menyebut kelebihan PWA dengan istilah FIRE (Fast, Integrated, Reliable, and Engaging). Cepat, Terintegrasi, Bisa Diandalkan dan Menarik.

1. Hemat Biaya Produksi

Mengembangkan sebuah Progressive Web App tidak memerlukan biaya besar. Hal ini tentu akan membutuhkan biaya produksi yang lebih kecil baik saat membangun ataupun melakukan update.

2. Kemudahan Digunakan di Berbagai Perangkat

Membangun PWA memungkinkan Anda untuk merancang tampilan aplikasi yang seragam di berbagai perangkat dengan berbagai ukuran layar baik ponsel maupun tablet.

Baca juga:   Pegertian Serta Macam-Macam Paradigma Pemrograman

Selain itu, Anda bisa mengatur fungsi yang konsisten meskipun digunakan pada sistem operasi yang berbeda, seperti iOS, Android, ataupun Windows.

Di sisi lain, pengguna juga menjadi terbiasa jika harus mengakses PWA menggunakan perangkat yang berbeda. Hal ini sangat penting. Sebab, 94% pengguna internet di Indonesia mengakses informasi melalui perangkat mobile.

3. Tidak Bergantung App Store

Anda tidak lagi bergantung kepada AppStore seperti Google Play Store, Apple Store, dan Windows Store ketika akan mempublikasikan aplikasi Anda.

Dari sisi bisnis, hal ini cukup melegakan. Sebab, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk registrasi atau berlangganan.

Seperti Anda ketahui, biaya langganan tahunan di Apple Store adalah sebesar $99. Sementara itu, biaya registrasi seumur hidup di Google Play Store dipatok di harga $25.

Selain itu, Anda bisa lebih leluasa untuk mengembangkan aplikasi tersebut tanpa terjerat oleh persyaratan minimal yang harus dipenuhi. Jadi, Anda cukup fokus pada tampilan dan fungsi aplikasi yang optimal.

4. Instalasi Cepat

Kelebihan lain dari PWA adalah proses instalasi yang cepat.

Pengguna kalian memang tak perlu melakukan instalasi yang berbelit layaknya aplikasi mobile. Mereka cukup menambahkan website Anda ke HomeScreen. Maka, aplikasi akan terpasang otomatis.

5. Berfungsi Layaknya Aplikasi Mobile

Pengguna mobile lebih suka mengakses informasi melalui aplikasi dibanding browser. Itulah alasan jumlah aplikasi yang diunduh pengguna selalu meningkat tiap tahun.

Pada prakteknya, sangat jarang pengguna mobile mengakses YouTube maupun Maps melalui browser, bukan?

Hal ini tentu karena user experience yang ditawarkan aplikasi mobile lebih menyenangkan. Mulai dari tampilan yang atraktif hingga push notifications yang bisa memberikan update adanya informasi terbaru.

Kemampuan PWA menghadirkan pengalaman seperti aplikasi mobile sangat bermanfaat untuk meningkatkan engagement. Contohnya, OLX mencapai kenaikan engagement 250% setelah menggunakan PWA.

6. Kinerja Apik

Sebuah PWA memiliki service workers yang bertugas mengelola cache aset website dengan efisien. Hasilnya, aplikasi berjalan dengan cepat sehingga meningkatkan kenyamaman pengguna.

Bahkan, Uber mengklaim bahwa PWA adalah alasan mengapa mereka mampu berjalan di jaringan 2G dan terbuka sempurna sebelum 3 detik!

Hampir semua bisnis memang berlomba menjadikan website mereka lebih baik. Sekali lagi, kecepatan akses sebuah website sangat penting. Sebab, 57% pengguna akan meninggalkan sebuah website jika loading-nya lebih dari 3 detik!

7. Update Otomatis

Saat menggunakan PWA, pengguna tidak perlu pusing tentang update aplikasi. Alasannya,  PWA melakukan update secara otomatis tiap kali pengguna mengakses aplikasi.

Baca juga:   OS Android Jadi Penyumbang Terbesar Mengakses Situs PornHub di Tahun 2019

Pengguna tentu akan merasa senang karena tidak direpotkan dengan update manual seperti pada aplikasi mobile.

Di sisi lain, Anda juga lebih mudah memastikan pengguna mengakses aplikasi menggunakan versi terbaru. Hal ini diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna aplikasi Anda.

Dari sisi pemilik website, Anda lebih mudah dalam mengatur penggunaan versi terbaru. Bagi pengguna, update yang berjalan otomatis tentu lebih disukai.

8. Bisa Berjalan Tanpa Jaringan Internet

Berbeda dengan web app biasa yang akan menampilkan gambar Dinosaurus saat offline, PWA mampu berjalan ketika offline.

Katakanlah pengunjung toko online Anda baru saja melihat beberapa katolog produk, lalu koneksi internet tiba-tiba putus. Dengan PWA, semua produk yang sudah dilihat akan disimpan di cache. Pengunjung tersebut masih bisa melihat beberapa produk yang diakses sebelumnya.

Hal ini bisa memberikan kesempatan untuk menimbang produk mana yang akan dibeli. Ketika, internet sudah aktif kembali, ia bisa melanjutkan ke pembelian.

Hal tersebut bisa bermanfaat bagi beragam jenis bisnis. Salah satunya, kesuksesan sebuah resort di Mexico saat meningkatkan conversion rate mereka menjadi 53% ketika menggunakan PWA.

9. Ramah Storage

Pengguna tak akan pernah ketakutan kehabisan storage saat menggunakan PWA. Alasannya, progressive web app berukuran sangat kecil jika dibandingkan dengan aplikasi mobile.

Sebagai contoh, aplikasi Pinterest hanya berukuran 688 KB saja untuk versi PWA-nya. Dengan ukuran yang kecil, tentu pengguna tidak akan ragu menggunakannya karena tidak membebani kinerja perangkat.

10. Ramah Bandwidth

Berapa yang dibutuhkan untuk mengunduh aplikasi mobile Twitter? 23,5 MB. Jika menggunakan PWA, Anda hanya memerlukan 600KB saja.

Tidak hanya itu, interaksi ketika menggunakan PWA pun ramah bandwidth karena hadirnya optimasi gambar yang memangkas kebutuhan data hingga 70%.

Bahkan, Twitter juga memiliki data saver mode yang memungkinkan Anda menentukan aset website mana yang ingin diunduh dan disimpan.

11. Keamanan yang Terjamin

Kelebihan lain PWA adalah tingkat keamanan yang tinggi berkat protokol jaringan HTTPS yang digunakan.

Seperti yang Anda ketahui, HTTPS menerapkan tiga lapis perlindungan ketika pengguna mengakses website Anda. Enkripsi data yang dilakukan juga penting untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan informasi pribadi dari pengguna.

Hal ini tentu penting bagi website yang memproses pembayaran seperti website bisnis.

Melayani pengunjung website kalian dengan baik adalah poin tambahan untuk website kalian. Salah satunya adalah PWA (Progressive Web Apps).

Jadikan website Anda yang terbaik dengan memastikan akses yang cepat namun tetap memanjakan pengguna mobile dengan beragam fitur yang bermanfaat.

Sumber: www.niagahoster.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here