Perbedaan antara HTTP dan HTTPS yang perlu kamu ketahui

0
20

Banyak situs web yang menggunakan HTTP. Namun, pada tahun 2014 Google merekomendasikan agar situs web beralih ke HTTPS. Tentu bukan tanpa alasan perusahaan raksaksa sekelas Google merekomendasikan untuk beralih ke HTTPS. Pada artikel ini akan membahas tentang Perbedaan antara HTTP dan HTTPS yang perlu kamu ketahui.

Apa sebenarnya HTTP dan HTTPS?

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol . Pada dasarnya, ini memungkinkan untuk komunikasi antara sistem yang berbeda. Ini paling umum digunakan untuk mentransfer data dari server web ke browser untuk memungkinkan pengguna melihat halaman web. Ini protokol yang pada dasarnya digunakan untuk semua situs web awal.  

Sedangkan, HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure . Masalah dengan protokol HTTP biasa adalah bahwa informasi yang mengalir dari server ke browser tidak dienkripsi, yang berarti dapat dengan mudah dicuri . Protokol HTTPS memperbaiki hal ini dengan menggunakan sertifikat SSL (Secure Socket Layer), yang membantu membuat koneksi terenkripsi yang aman antara server dan browser, sehingga melindungi informasi yang berpotensi sensitif agar tidak dicuri ketika ditransfer antara server dan browser.

Baca juga:   Tips Mengamankan Akun Cpanel dari Insiden Keamanan

Perbedaan Utama Antara HTTP dan HTTPS

Perbedaan paling penting antara kedua protokol adalah sertifikat SSL . Faktanya, HTTPS pada dasarnya adalah protokol HTTP dengan keamanan tambahan. Namun, keamanan tambahan ini bisa sangat penting, terutama untuk situs web yang mengambil data sensitif dari penggunanya, seperti informasi kartu kredit dan kata sandi .

Bagaimana cara kerja HTTPS? Sertifikat SSL mengenkripsi informasi yang diberikan pengguna ke situs, yang pada dasarnya menerjemahkan data ke dalam kode . Bahkan jika seseorang berhasil mencuri data yang dikomunikasikan antara pengirim dan penerima, mereka tidak akan dapat memahaminya karena enkripsi ini.

Perbedaan lain adalah dari port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan.

Baca juga:   Manfaat Website Profesional untuk Pengembangan Bisnis Anda

Keuntungan mengubah HTTP menjadi HTTPS?

Dengan mengubah situs web dari HTTP menjadi HTTPS dapat mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Situs HTTPS mengenkripsi semua komunikasi, pengunjung tidak hanya akan melindungi informasi sensitif, seperti kata sandi dan informasi kartu kredit , tetapi juga riwayat penelusuran, unduhan tanpa takut kurangnya keamanan sehingga dapat lebih menjaga privasi penggunanya.

Semoga artikel ini dapat memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang Perbedaan antara HTTP dan HTTPS secara umum.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here