Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

0
766
bahasa pemrograman
bahasa pemrograman

Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang arti dari Pemrograman. Tapi tahukah kalian dalam pemrograman juga terdapat bahasa-bahasa pemrograman yang berbeda untuk mendukung gaya pemrograman yang berbeda juga. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.

Bahasa Pemrograman adalah sebuah instruksi untuk memerintah komputer agar bisa menjalankan fungsi tertentu, namun hanya instruksi standar saja. Dengan kata lain bahasa pemrograman merupakan sebuah perhimpunan dari aturan sintaks dan semantik yang tugasnya untuk mendefinisikan program komputer. Seseorang yang bisa memahami bahasa pemrograman dapat menentukan mana data yang akan di simpan / diteruskan,
data mana yang akan di olah, dan langkah apa saja yang harus di ambil dalam berbagai situasi.

Illustrasi Fungsi Bahasa Pemrograman
Illustrasi Fungsi Bahasa Pemrograman

Fungsi bahasa pemrograman itu sendiri ialah untuk memerintahkan sebuah komputer agar bisa mengolah data sesuai dengan yang kita inginkan. Jadi, kendali sepenuhnya ada di tangan kita atau programmer (pembuat program komputer). Hasil dari bahasa pemrograman tersebut bisa berupa aplikasi ataupun program khusus, contonya sistem parkir di mall-mall, kasir di swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.

Baca juga:   4 Perubahan Penggunaan Teknologi di Cina Akibat Virus Corona

Berikut ini ada beberapa contoh bahasa pemrograman yang paling umum digunakan, yaitu :

  • Java script
  • PHP
  • HTML
  • C + +
  • Python

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here