Pengertian dan Cara Install Node.js

0
33
nodejs
nodejs

Buat kalian developer web, mungkin tidak asing dengan kata Node.js. Dan buat kalian yang baru terjun ke dunia programming, bisa memulai dengan memahami node.js. Apa sih node.js itu? Berdasarkan situs nodejs.org, “node.js adalah sebuah platform yang dibuat di atas JavaScript Runtime-nya Chrome“. Artinya kodingan yang kalian tulis untuk server akan dieksekusi dengan cara yang mirip dengan ketika di browser.

Node.js telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Airbnb, LinkedIn, Walmart, Uber, dan bahkan NASA dalam produksi mereka. Sekarang perusahaan kecil pun sudah menerapkan atau memanfaatkan node.js untuk mengembangkan bisnisnya.

Meski sudah ada langkah instalasi node.js di websitenya Node.js. Kita akan jelaskan langkah-langkah singkat cara install Node.js untuk Windows, Mac, dan Linux.

Instalasi Node.js di Windows

Kalian cukup mengunduh installer yang telah disediakan untuk Windows. Buka halaman download Node.js dan klik tautan unduhan untuk Windows Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi lainnya pada Windows.

Baca juga:   Mengenal Git dan Manfaatnya bagi Developer

Instalasi Node.js di Mac OS

Sama seperti windows, Kalian cukup mengunduh installer yang telah disediakan untuk Mac OS. Buka halaman download Node.jsdan klik tautan unduhan untuk Macintosh Installer. Jalankan installer dan ikuti panduannya seperti menginstal aplikasi pada umumnya.

Instalasi Pada Linux berbasis Ubuntu dan Debian

Untuk instalasi di Ubuntu, lebih mudah menggunakan Package Manager. Langkah-langkah berikut dapat diterapkan pada Ubuntu 14.04 LTS ke atas dan Debian 8 ke atas. Selain itu juga dapat diterapkan pada distribusi turunannya seperti Linux Mint 17, Elementary OS Freya dan Trisquel 7.

Pada terminal jalankan perintah berikut:

curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_4.x | sudo -E bash -
sudo apt-get install -y nodejs
sudo apt-get install -y build-essential

Ada juga untuk instalasi di distribusi linux lainnya, Kalian bisa merujuk ke halaman panduan instalasi langsung di website Node.js disini.

Cek Hasil Instalasi

Untuk memastikan Node.js sudah terinstal dengan baik dan sudah terdaftar di path (untuk Windows), buka jendela baru terminal atau cmd lalu ketikkan perintah berikut:

Baca juga:   Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

node -v

npm -v

Kedua perintah di atas berfungsi untuk mengecek nomor versi  node.js dan npm. Apabila nomor versi muncul maka itu artinya node.js dan npm sudah siap digunakan.

Mudah sekali bukan? Kalian boleh coba cara install node.js ini untuk menambah pengetahuan programming kalian.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here