Penerjemah Bahasa “Real-Time” Hadir Di Zoom

0
733
Real Time Zoom
Real Time Zoom

Perusahaan rintisan asal Jerman tersebut fokus dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) untuk software terjemahan secara real-time.

Solusi tersebut bermanfaat untuk platform video chat atau konferensi apabila peserta menggunakan bahasa yang berbeda. Akuisisi ini memungkinkan Zoom memiliki fitur penerjemahan bahasa secara real-time di masa yang akan datang.

Sejauh ini, Zoom hanya memiliki fitur transcription yang lebih mirip dengan subtitle. Fitur itu akan menampilkan kalimat yang diucapkan peserta Zoom.

Sayangya, fitur transciption baru tersedia dalam bahasa Inggris saja. Dengan mengakuisisi Kites GmbH, bukan tidak mungkin opsi bahasa yang tersedia akan lebih banyak.

“Solusi mesin terjemahan (machine translation/MT) akan menjadi kunci untuk meningkatkan platform kami bagi pengguna Zoom di seluruh dunia,” jelas Velchamy Sankarlingam, President of Product and Engineering Zoom dalam sebuah posting blog berisi pengumuman akuisisi.

“Dengan misi kami yang selaras untuk membuat kolaborasi tanpa friksi, terlepas dari bahasa, letak geografis, atau batas lainnya, kami yakin tim Kites akan cocok dengan (tim) Zoom,” imbuh Sankarlingam, dihimpun KompasTekno dari Mobile Syrup, Minggu (4/7/2021).

Baca juga:   Alasan Mengapa React JS merupakan Teknologi Terbaik untuk Aplikasi Berbasis Web

Daftarkan email Kites GmBH didirikan tahun 2015 oleh para akademisi dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT). Dua co-founder, yakni Dr. Alex Waibel dan Dr. Sebastian Stüker merupakan peneliti di kampus KIT. Perusahaan kecil ini hanya memiliki total 12 orang periset.

Tidak disebutkan berapa nilai yang digelontorkan Zoom untuk membeli startup asal Jerman itu. Zoom juga belum membeberkan kapan teknologi Kite GmbH akan diimplementasikan ke aplikasinya.

Pihak Zoom mengatakan, setelah akuisisi, tim Kite GmbH akan tetap bekerja di Jerman. Zoom juga akan menjajaki rencana pembangunan pusat penelitian untuk pengembangan software mesin terjemahan lebih lanjut.

Sementara itu, Dr.Waibel ditunjuk menjadi Zoom Research Fellow, di mana dia akan menjadi penasihat bagi tim peneliti mesin terjemahan Zoom.

Sumber: Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here