Mengenal Apa itu Database Server

0
3501

Hai sobat devhoz, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Apa itu Database Server dan berbagai fungsi beserta contohnya. sebelum itu, Penggunaan Database Server biasanya sudah diterapkan dalam berbagai kegiatan kita sehari-hari, misalkan ketika sedang transfer uang melalui mobile banking atau kita sedang membayar biaya kuliah di kampus itu semua data kita tersimpan pada satu basis data di dalam komputer server.

Pengertian Database Server

Database Server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data dengan model client/server.

Fungsi Database server

Database server menyediakan beberapa manfaat yaitu:

  1. Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data, database menyiapkan data yang sesuai dengan permintaan user terhadap suatu informasi dengan dengan cepat dan akurat.
  2. Menghindari data ganda dan inkonsistensi data, software DBMS sebagai software untuk menjalankan database komputer mempunyai kemampuan menginformasikan kepada user pada saat input  data apabila data yang akan diinput sudah ada dalam database.
  3. Memudahkan akses, penyimpanan data, mengedit dan menghapus data User/admin pemegang otoritas database dengan mudah melakukan editing data yang salah saat entry dengan data yang terbaru, atau menghapus data palsu / salah dengan cepat, juga melakukan penghapusan data.
  4. Menjaga kualitas data dan informasi sesuai agar data tetap sama pada saat entry dan setelah entry, data tidak terkorup atau hilang selama penyimpanan di database
  5. Memecahkan masalah penyimpanan data konvensional yang memakan ruang  database konvensional berbasis kertas sangat memakan ruangan,pemilik data harus mempunyai ruang cukup tumpukan kertas berisi data, dengan tehnologi database, data didalam kertas bisa ditransfer menjadi file digital dan disimpan dalam database server.
  6. Meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.
Baca juga:   Seorang Data Scientist Harus Memiliki Kemampuan Ini

Contoh Database Server

Software Database ada Banyak, contohnya , XBase, InterBase, Firebird dan masih banyak lagi dari yang berbayar hingga open source alias gratis. Biasanya penggunaan Software Database di sesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, bisa dilihat dari berbagai aspek mulai dari relasi, seberapa besar  jaringan, Omzet perusahaan dan lain-lain.

Nah sekarang kalian sudah tau Apa itu Database Server dan berbagai fungsi beserta contohnya. Yuk manfaatkan teknologi ini untuk memudahkan pekerjaan kita dalam kehidupan nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here