Mengatasi Akses Website yang Lambat ataupun Sulit Diakses

0
987
Akses Website
Akses Website

Banyak sekali hal yang terjadi ketika kita sedang mengakses suatu website nih sahabat devhoz, seperti halnya akses lambat sampai bahkan sulit diakses. Disitu kita hanya bisa kesal dan bisa jadi sahabat devhoz bingung ingin melakukan apa agar dapat diakses kembali secara normal. Eits! tunggu dulu, sebelum emosi, sahabat devhoz wajib tahu apa aja sih penyebab umum dari website yang lambat dan sulit diakses? Ini dia beberapa penyebabnya:

Beberapa Penyebab yang Umum Website Lambat dan Sulit Diakses

Setidaknya, jikalau website mengalami akses yang amat lambat maupun sulit diakses memiliki 4 ciri utama. Namun perlu dipahami ya sahabat devhoz, bahwa 4 faktor ini tidak saklek dan bisa berbeda sesuai dengan kendala dari penyebab yang berbeda pula disetiap websitenya.

  • Pengaturan DNS salah.
  • Nama domain telah kedaluwarsa.
  • File indeks kosong atau tidak ada.
  • Masalah konektivitas jaringan.

Nah sahabat devhoz udah tau kan apa aja penyebab umum suatu website yang lambat maupun sulit diakses. Devhoz.com punya beberapa beberapa tips untuk mengatasinya. Simak ya sahabat devhoz!

Cara 1 : Buat satu file sederhana untuk pengecekan pada shared hosting Indonesia Kamu, misal index.html isikan kata kata terserah misal “home”.

Cara 2 : Akses domainanda.com/index.html jika sahabat devhoz memerlukan waktu kurang dari 3-5 detik lebih pasti ada kendala antara koneksi dan webserver yang sahabat devhoz gunakan. (ganti domainanda.com dengan nama domain sahabat devhoz sendiri)

Baca juga:   Akhirnya COE FaceApp Angkat Bicara Soal Hal Negative Aplikasinya

Cara 3 : Cek apakah hanya koneksi sahabat devhoz saja yang mengalami hal ini?

  1. Buka command prompt jika sahabat devhoz menggunakan windows dan terminal jika sahabat devhoz menggunakan linux.
  2. Ketikkan “traceroute [space] example.com” jika menggunakan linux jika menggunakan windows “tracert [space] example.com” dan enter.
  3. Jika hasil trace terlalu panjang maka akan membuat koneksi ke website sahabat devhoz akan semakin lambat.
  4. Untuk menandakan hasil trace ini berhasil atau tidak dengan cara apakah sudah benar domain sahabat devhoz sudah mengarah ke server yang di tujuh, tidak berhenti dari IP tertentu.
  5. Bedakan dengan menggunakan koneksi lain, bedakan kecepatan website sahabat devhoz dan lakukan cara 1.1 sampai 1.3 apakah hasilnya sama.
  6. Jika merasa masih sama, bedakan dengan menggunakan webproxy, tetapi di webproxy ini memang sedikit agak lambat karena website bekerja untuk dirinya sediri dan untuk mengakses website sahabat devhoz.

Cara 4 : Sebelum melakukan pengecekan di webserver, lakukan pengecekan di konten terlebih dahulu.

  1. Pastikan file-file yang di tampilkan muncul semua di browser.
  2. Pastikan file yang di load tidak memberatkan website sahabat devhoz, seperti konten yang di tampilkan melebihi 1Mb dan lain – lain.
  3. Lalu lakukan pengecekan, apakah website sahabat devhoz perlu di optimasi kembali bisa menggunakan link berikut https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
  4. Dari data yang muncul tersebut terdapat file-file yang perlu di optimasi kembali.
  5. Selain dari konten sendiri bisa dari database yang di gunakan. untuk penggunakan database mungkin bisa mengikuti panduan berikut.
  6. Pastikan menggunakan 1 koneksi ke database dalam 1 website.
  7. Untuk pengecekan proses database sahabat devhoz sebenarnya memerlukan akses ssh ke server lalu untuk script yang di perlukan adalah || watch -n 1 mysqladmin –user=<user> –password=<password> processlist ||
  8. Dari script tersebut bisa terlihat berapa penggunaan mysql sahabat devhoz dalam bentuk space.
Baca juga:   Sebagai Alat Pembayaran, Kenali Perbedaan E-Money dan E-Wallet

Cara 5 : Setelah semua pengecekan itu sahabat devhoz bisa melakukan pengecekan berapa penggunaan resource hosting.

Cara 6 : Setelah semua pengecekan itu, sahabat devhoz bisa melakukan pengecekan network hosting sahabat devhoz untuk pengecekannya bisa dilakaukan dengan cara :

  1. Masuk ssh ke server sahabat devhoz, setelah masuk bisa sahabat devhoz coba download file yang bisa di buat testing.
  2. Bedakan dengan kecepatan download melalui koneksi sahabat devhoz dengan koneksi.
  3. Dan kesimpulannya kecepatan network hosting dan kecepatan network sahabat devhoz itu berbeda.

Pro Tips nih sahabat devhoz! Kalau misalkan sahabat devhoz hendak melakukan pengecekan pada website sahabat devhoz yang lambat, maka akan lebih baik jika sahabat devhoz melakukannya dalam kondisi koneksi yang prima. Sehingga setidaknya satu faktor, yakni pada koneksi sudah tereliminasi dan tak perlu diperiksa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here