Mengapa Sistem Operasi Linux sangat Cocok untuk Programmer? Ini Alasannya

0
36

Sistem Operasi adalah sebuah perangkat lunak yang sangat penting untuk menjalankan komputer, bisa dibilang juga software pertama yang harus di pasang untuk bisa mengoperasikan komputer tersebut. Pada saat ini sudah banyak sistem operasi yang dapat kita gunakan, mulai dari Windows OS, Mac OS, Ms. DOS, Linux, Unix dan lain sebagainya. Tetapi OS mana yang Paling cocok untuk para programmer?

Dalam dunia IT terdapat istilah bahwa Programmer itu identik dengan Linux, yang jadi pertanyaan adalah mengapa linux? Mengapa bukan OS yang lain? Mari kita bahas satu per satu jawabannya. Berikut Ini adalah beberapa Alasan Mengapa Sistem Operasi Linux sangat Cocok untuk Programmer

1. Free dan Open Source

Alasan pertama, free dan open source. Arti free di sini bukan hanya gratis, melainkan bebas atau kebebasan. Bebas melakukan memodifikasi, menyebarkan, mempelajari, dsb. Kemudian, Open Source artinya, kode sumbernya terbuka. Dengan demikian, siapa saja bebas membaca, mempelajari, dan memodifikasi kode sumbernya.

Baca juga:   Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

2 Mudah Didapat dan Diinstal

Alasan yang kedua adalah mudah didapatkan dan juga mudah di instal. Untuk memasang OS Linux disebuah PC atau laptop tidak terlalu sulit, selain itu prosesnya juga cukup cepat dibanding saat instal OS lain.

3. Ringan

Jika kamu memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi, Linux sangat cocok untuk digunakan. Sistem operasi Linux tidak membutuhkan resource yang cukup besar saat diinstal.

4 Aman dari Virus

Secara historis, program atau software jahat seperti worm, virus, cenderung menjangkiti sistem operasi Windows besutan Microsoft. Tapi jika menggunakan Linux, hal semacam itu tidak pernah terjadi.

5 Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak tools-tools gratis yang bisa dimanfaatkan. Bahasa pemrograman yang didukung di Linux diantaranya adalah Javascript, Java, C, C++, C# (Menggunakan Mono Develop), Python, PHP, Pascal (Menggunakan FPC dan Lazarus), Basic/VB (Menggunakan Gambas), Ruby, Go Dan lain sebagainya.

Baca juga:   5 Jenis Ancaman Dalam Dunia IT Yang Mungkin Akan Kamu Alami

6 Error yang melatih kemampuan

Linux memang sistem operasi yang sering bermasalah. Namun, dengan malasah tersebut, para pengguna menjadi tahu cara menyelesaikan masalah-masalah. Tentu saja, ini akan melatih pikiran seorang programmer menjadi pemecah masalah. Bahkan, bila tidak menemukan solusi, programmer bisa membuat solusi sendiri.

Pencarian solusi merupakan hal yang harus dilakukan bagi pengguna linux yang mendapatkan masalah. Hal ini akan melatih kemampuan Googling. Googling adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang programmer.

Itulah beberapa alasan Mengapa Sistem Operasi Linux sangat Cocok untuk Programmer

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here