Mana Aplikasi Pesan Instan Yang Lebih Unggul? Telegram Atau Whatsapp

0
43
WhatsApp and Telegram
WhatsApp and Telegram

Kalian yang hidup di era milleneal tentu tau dong yang namanya aplikasi pesan instan. Ya, aplikasi pesan instan adalah aplikasi yang digunakan untuk berkirim pesan baik text, audio, maupun video secara segera. Segera disini maksudnya adalah pesan kamu akan langsung dikirimkan ke penerima.

Salah satu aplikasi pesan instan populer adalah whatsapp. Tapi, whatsapp bukanlah satu-satunya aplikasi pesan instan. Salah satunya ada Telegram yang mengandalkan fitur keamanan terenkripsi.

Manakah dari dua aplikasi pesan instan itu yang lebih baik dari segi fitur dan keamanan?

  1. Group

    Telegram mampu menampung sampai dengan 10.000 member per group (Super group) sedangkan di whatsapp batas maksimal group hanya 256 member.

  2. Akses ke perangkat lain

    Telegram dapat diakses dari beberapa perangkat tanpa harus route ke perangkat utama (smartphone) beda dengan Whatsapp apabila ingin mengakses di perangkat lain, perangkat utama (smartphone) harus selalu aktif.

  3. Video Call

    Sayangnya Telegram belum ada fitur video call, Di Whatsapp bisa melakukan panggilan video hingga 8 orang.

  4. Sharing File

    Sharing berbagai format file di Telegram bisa sampai 1,5 GB sedangkan di Whatsapp sharing files hanya 100 MB.

Telegram adalah aplikasi pesan yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Menurut telegram, aplikasi telegram adalah aplikasi pesan tercepat saat ini. Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa aplikasi ini digunakan oleh ISIS (kelompok yang sering dianggap sebagai teroris) karena keamanannya yang baik. Di playstore saat ini, Telegram sudah didownload lebih dari 100 juta kali.

whatsapp adalah aplikasi yang mendominasi penggunaan aplikasi pesan instan. Whatsapp memiliki slogan “Simple Personal Secure”. Selain melalui aplikasi mobile, kamu juga dapat menggunakan whatsapp melalui browser komputer kamu.

Mana aplikasi pesan instan yang kalian pakai sobat?

Baca juga:   Benarkah Virus Corona Menyebar Lewat Smartphone Xiaomi? Ini Faktanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here