Langkah-Langkah Belajar Pemrograman Dengan Mudah

0
43
Belajar Pemrograman
Belajar Pemrograman

Untuk menjadi apapun yang kita inginkan itu tidaklah mudah, begitu juga untuk menjadi programmer. Perlu niat, usaha, dan doa agar impian kita bisa tercapai. Ada ungkapan yang sering kita dengar yaitu “Banyak jalan menuju Roma”. Kenapa harus ke Roma? Kenapa tidak ke Paris, Tokyo atau Jatinegara?. Bukan tentang Roma nya tapi tentang banyak jalan menuju nya. Ungakapan itu bermaksud bahwa ada banyak cara agar tujuan kita tercapai. Untuk menjadi seorang programmer pun demikian, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk belajarnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Kalian lakukan untuk memulai belajar pemrograman:

1. Pahami apa itu “Programming”

Kalau kalian ingin memulai belajar pemrograman, maka mengertilah terlebih dahulu apa itu pemrograman dan pengetahuan dasar yang mendukungnya, agar tidak tersesat. Biasanya hal ini bisa menambah keinginan kalian untuk terus mendalami dunia programan seiring berjalannya waktu.

2. Pilihlah bahasa pemrograman

Setelah kalian belajar atau mencari tahu tentang pemrograman kalian akan menemukan banyaknya jenis bahasa pemrograman, dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah dan bahasa tingkat tinggi. Silahkan pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian butuh rekomendasi bahasa pemrograman apa yang harus kalian pelajari, kalian bisa baca artikel ini “Kelebihan Serta Kekurangan Bahasa Pemrograman Yang Sering Digunakan”.

Kalian mungkin bisa pelajari semua bahasa pemrograman tapi saya sarankan pilihlah satu terlebih dahulu. Pahami bahasa pemrograman tersebut, ini membantu kalian untuk cepat belajar pemrograman karena fokus pada satu tujuan. Bahasa pemrograman bukanlah pasangan hidup yang kita hanya boleh memilih satu dan tidak bisa seenaknya kita ganti. Kalian bebas berganti-ganti bahasa pemrograman jika kalian mau.

3. Mulailah belajar

Jika kalian sudah mengerti apa itu programming dan sudah menentukan bahasa pemrograman yang kalian inginkan, langkah selanjutnya adalah pelajarilah. Caranya bisa  melalui buku, bisa juga melalui artikel-artikel di internet, tutorial-tutorial pemrograman di internet. Atau kalian juga bisa coba belajar pemrograman dari majalah/ebook pemrograman. Atau kalian ingin belajar lebih cepat, kalian bisa mengikuti kursus belajar pemrograman. Ada banyak cara untuk memulai belajar jadi pilihlah yang sesuai dengan metode belajar kalian.

4. Buatlah program-program sederhana

Belajar saja tidak cukup, kalian harus mempraktekannya. Cobalah buat program-program sederhana. Jika Kamu masih sekolah, Kamu bisa mencoba membuat program sederhana tentang perhitungan seperti “menghitung luas lingkaran”, “menghitung volume balok” dan banyak lagi yang kalian ketahui. Intinya cobalah untuk membuat sesuatu, mulai dari yang sederhana dari apa yang Kamu sudah kuasai.

5. Updatelah selalu informasi

Informasi sangatlah penting. Mungkin apa yang sudah kamu kuasai sudah tidak dipelajari lagi oleh orang lain karena sudah ada yang lebih menarik atau lebih baik. Kalian tidak akan tau jika kalian tidak update informasi.

Cara untuk mengupdate informasi adalah kalian bisa mengunjungi web-web yang secara gratis memberikan informasi. Untuk seputar pemrograman kalian bisa cek web seperti SitePoint, Mashable, OMG! Ubuntu! atau CodePolitan.

6. Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman

You’ll Never Walk Alone. Yah! Kamu tidak sendirian. Di luar sana banyak orang-orang yang masih belajar ataupun sudah hebat tentang ilmu pemrograman. Kalian bisa berinteraksi dengan mereka, mendapatkan ilmu dari mereka, atau bertanya pada mereka jika perlu.

Ketika kalian sudah bergabung dengan grup atau forum pemrograman kalian akan menemukan berbagai macam programmer dengan keahlian masing-masing. Tak sedikit juga akan ada yang memberikan informasi-informasi penting yang bermanfaat untuk kalian.

Demikianlah langkah-langkah yang kalian bisa ikuti untuk awal belajar pemrograman.  Cara setiap orang berbeda-beda. Namun semoga ini bisa membantu Kalian untuk memulai. Anggaplah ini sebuah tantangan dan proses yang harus dilalui niscaya akan menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here