Kini Fitur Mode Gelap Juga Hadir Untuk Aplikasi Docs, Sheets dan Slides

0
52
Aplikasi Docs, Sheets dan Slides
Aplikasi Docs, Sheets dan Slides

Aplikasi buatan Google berbasis cloud, yaitu Docs, Sheets dan Slides di platform Android kini sudah memiliki fitur mode gelap (dark mode). Setelah tahun lalu, Google menjanjikan akan mengirim mode gelap ke semua aplikasi pihak pertamanya.

Google mengatakan bahwa aplikasi akan secara otomatis menggunakan tema yang digunakan oleh pengguna di setting perangkat. Artinya jika perangkat pengguna sudah mengaktifkan mode gelap, mereka tidak perlu mengaktifkannya secara manual lewat aplikasi.

Mode gelap tersebut akan secara otomatis diaktifkan apabila pengguna telah mengaktifkan opsi “Dark Theme” di pengaturan ponselnya. Pengguna juga dapat menyalakan mode gelap secara manual di masing-masing aplikasi dengan cara mengetuk tombol menu di kiri atas, lalu ke pengaturan, dan pilih opsi tema “Dark” atau “Light”.

Lihat Foto Tampilan Dark Mode pada Google Docs, Sheet, Slides (thenextweb.com)
Lihat Foto Tampilan Dark Mode pada Google Docs, Sheet, Slides (thenextweb.com)

Sesuai dengan namanya, Mode Gelap alias Dark Mode menyajikan tampilan teks putih di atas latar belakang hitam, sedangkan “Light Mode” menampilkan teks berwarna hitam di atas latar belakang putih.

Baca juga:   Ooohhhh..... ! Begini 5 Cara Efektif Mendapatkan Uang dari Internet

Selain membuat tampilan aplikasi menjadi lebih nyaman dipandang, khususnya ketika berada di lingkungan gelap, mode “Dark Mode” juga dapat menghemat daya baterai pada perangkat.

Saat mode gelap aktif, pengguna juga bisa memperoleh preview tampilan dokumen di mode biasa (light theme), dengan cara meng-klik tombol “More” di bagian kanan atas lalu pilih “View in light theme” untuk melihat sekilas tampilan dokumen sebelum dikirim ke orang lain.

Saat ini fitur mode gelap Docs, Sheets, dan Slides baru tersedia bagi pengguna perangkat dengan Android 10 atau yang lebih baru. Google belum memastikan kapan fitur mode gelap ini akan tersedia untuk perangkat iOS atau PC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here