Kenali Bahaya Menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin Untuk Website

0
514
Bahaya nulled theme dan plugin untuk wordpress
Bahaya nulled theme dan plugin untuk wordpress

Apa itu Nulled Theme dan Nulled Plugin?

Buat kalian pengguna WordPress istilah ini pasti sudah tidak asing lagi. Tapi bukan untuk digunakan melainkan dihindari. Kenapa? mari kita kenali dulu apa itu Nulled Theme dan Nulled Plugin.

Nulled theme adalah versi bajakan dari theme WordPress premium. Begitu juga dengan nulled plugin. Nulled plugin merupakan versi bajakan dari plugin WordPress premium. Tema dan plugin WordPress tersebut tersebar di internet dan bisa digunakan secara gratis.

Meskipun mendapatkan kualitas wordpress premium dengan gratis, ada hal yang harus kalian fikirkan sebelum menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin ini mengenai resiko serta bahayanya.

Menggunakan theme dan plugin bajakan gratis tetap saja ada konsukuensi yang harus kalian tanggung nantinya. Bisa jadi nantinya kalian akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk memperbaiki efek samping yang disebabkan oleh Nulled Theme dan Nulled Plugin.

Nulled theme dan plugin bisa mengancam keamanan website WordPress. Bahkan themes dan plugins nulled ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa website terkena hack oleh para Hacker.

Bahaya Nulled Theme dan Nulled Plugin

Berikut beberapa bahaya yang akan terjadi jika kalian menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin.

1. Bahaya untuk Keamanan Website

Nulled theme dan nulled plugin kemungkinan besar mengandung malware. Pembuat tema dan plugin bajakan bisa menyebarkan kode-kode berbahaya ke dalam file berbeda untuk menyamarkan diri sehingga sulit dideteksi dan diperbaiki ketika website kalian terserang hack.

Baca juga:   Sudah Tidak Asing, Yuk Cari Tahu Apa Itu reCAPTCHA Serta Fungsi dan Tujuannya

Akibatnya Anda bisa kehilangan data-data penting website. Lebih parahnya lagi website kalian bisa dihapus dari index Google yang menyebabkan website kalian tidak bisa muncul di hasil pencarian.

2. Privasi Terancam

Nulled theme dan nulled plugin juga berpotensi untuk mencuri data privasi kalian. Dengan kode-kode berbahaya yang tersembunyi di file-file tema atau plugin bajakan mereka bisa mencuri username, alamat email, dan password kalian. Bahkan jika data konsumen kalian juga bisa dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebut saja Hacker!

Pencurian data privasi ini sulit dideteksi karena seolah-olah website berjalan dengan normal menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan.

3. Efek Buruk untuk SEO

Kualitas SEO website kalian juga bisa dihancurkan dengan mengarahkan pengunjung ke website berbahaya atau membanjiri website dengan spam link.

Aktivitas ini sulit dideteksi oleh pemilik website karena tersembunyi rapi didalam file. Adanya spam link dapat dideteksi oleh mesin pencari dan akibatnya website kalian terkena penalti atau terhapus dari indeks (de-index).

4. Tidak Bisa Update

Update berfungsi untuk memperbaiki bugs, menambah fitur baru, dan menyelesaikan masalah keamanan. Hal ini yang tidak bisa didapatkan oleh tema dan plugin WordPress bajakann karena software ilegal.

Baca juga:   Yuk Cari Tahu Fakta Mengenai IndoXXI yang Akan Tutup Layanan Awal Tahun 2020

5. Bajakan=Ilegal

Kalau soal ilegal pasti kalian sudah tahu kan? Konsekuensi terberatnya adalah jika kalian tertangkap memakai barang bajakan maka kalian harus membayar denda dan ganti rugi kepada developer sebagai pemilik plugin atau tema legal.

Denda dan biaya ganti rugi bukan uang yang sedikit tentunya, yang pasti lebih murah membeli tema dan plugin legal. Fikirkan itu baik-baik.

6. Tidak Menghargai Developer

Para developer sudah mencurahkan waktu, tenaga, uang, dan pikiran untuk menghasilkan sebuah karya. Mereka tidak hanya menulis kode untuk menghasilkan sebuah plugin, mereka juga harus menyewa staf support, membuat website, dan lainnya untuk membuat bisnis mereka hidup. Dengan menggunakan nulled theme dan nulled plugin, kalian bisa mematikan bisnis tersebut.

Dengan menggunakan barang ilegal, sudah otomatis kalian tidak menghargai jerih payah developer yang membuatnya. Menggunakan versi bajakannya berarti mencuri penghasilan para developer. Coba kalian bayangkan developer itu adalah kalian.

Jadi itulah bahaya-bahaya jika kalian menggunakan Nulled Theme dan Nulled Plugin. Sudah jelas! Jangan pernah menggunakan tema atau plugin WordPress bajakan. Selain itu menggunakan software ilegal sudah melanggar etika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here