Jutaan Orang Bahkan Tidak Menyadari Bahwa Mereka Bisa Menjadi Programmer Tanpa Meninggalkan Rumah

0
39
Menjadi seorang Programmer
Menjadi seorang Programmer

Merasa tersesat masuk dunia TI? Tenang, setidaknya kalian masih punya tujuan. Buat kalian yang masih berstatus mahasiswa tapi baru semester awal sudah tidak sanggup dengan mata kuliah Teknik Informatika, jangan menyerah! kalian masih mempunyai harapan besar nan cerah untuk kedepannya.

Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar. Kali ini Devhoz akan memberikan rekomendasi wadah-wadah untuk kalian belajar tentang ilmu teknik informatika, komputer maupun seputar koding.

Sekarang belajar bisa tanpa keluar rumah selagi ada internet. Selama terkoneksi dengan jaringan internet kalian dapat mencari sumber informasi yang ingin kalian ketahui.

Berikut sumber-sumber informasi yang dapat kalian pelajari mengenai dunia teknik informatika:

1. Situs website

Untuk belajar koding online, biasanya kalian harus mengeluarkan sejumlah biaya atau malah kursus coding hanya ditujukan bagi orang-orang tertentu. Jika kalian mau belajar koding, ada banyak situs yang bisa membantumu untuk belajar bahasa pemrograman. Contohnya: Coursera, Github, W3Schools, Udemy, dan Codecademy.

Baca juga:   Perbedaan Antara Desain Web Responsif Dan Desain Web Adaptif

2. Channel YouTube

Ada banyak cara untuk tetap belajar mengikuti teknologi-teknologi terkini, salah satunya adalah melalui video tutorial di Youtube. Berikut adalah list channel Youtube berbahasa Indonesia yang membagikan ilmu programming secara gratis. Contohnya: Sekolah Koding, Web Programming UNPAS – Sandhika Ghalih, Ahmad Rizal Afani, Junior Dev, Mastah Code.

 

3. Buku

Mempelajari beberapa bahasa pemrograman dan Mengasah keahlian sebagai seorang programmer bukanlah tugas yang mudah. Terutama ketika kalian menemukan masalah atau case yang sulit untuk di pecahkan, Nah ketika kamu berada di posisi tersebut, Kalian bisa mencari solusi di beberapa buku. Contohnya: The Pragmatic Programmer, Introduction to Algorithms, The Art of Computer Programming: Volume 1, Algorithms to Live By, dan Code: The Hidden Language of Computer Hardware and Software.

4. Podcast

Saat ini podcast sedang booming di Indonesia. Banyak para content creator yang merilis Podcast dengan tujuan sebagai wadah dari karya-karyanya agar bisa di konsumsi lebih luas lagi oleh khalayak ramai. Adapun podcast yang membahasa mengenai pemrograman. Contohnya: Arvipra Tech Podcast, Android Developers Backstage, The PHP Roundtable, dan Laravel News Podcasts.

Baca juga:   Tutorial Cara Membuat Tabel Sederhana Pada HTML

5. Forum/Grup Sosial Media

Selain otodidak, salah satu cara untuk mempelajari bahasa pemrograman adalah bergabung dengan komunitas. Komunitas ini berdiri diatas platform yang bersifat online seperti forum, Facebook, atau lainnya. Contohnya: PHP Indonesia, Forum Java Programmer Indonesia, Komunitas Penggemar Pemrograman Delphi Indonesia, Visual Basic Indonesia, dan Programmer VB.NET Indonesia.

Itulah beberapa media serta contohnya yang bisa kami rekomendasikan sisanya bisa kalian cari tahu sendiri sesuai kebutuhan kalian. Jika kalian punya rekomendasi jangan lupa tulis dikolom komentar untuk membantu teman-teman yang sedang belajar menjadi seorang programmer profesional.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here