Inilah Alasan Kenapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman Python

0
956
Mempelajari Bahasa Python
Mempelajari Bahasa Python

Buat seorang programmer, kata Python bukanlah hal yang asing ditelinga kalian. Bahasa pemrograman Python tidak terlalu terkenal di Indonesia mengingat di Grup Facebook Python Indonesia hanya memiliki 28 ribu anggota saat ini. Dibandingkan dengan Grup Facebook Java Indonesia yang memiliki 63 ribu anggota dan Grup Facebook PHP Indonesia yang sudah mencapai 151 ribu anggota, Python masih sedikit penggunanya. Hal itu juga bisa kalian buktikan di pencarian kerja Jobstreet Indonesia dengan kata kunci “Python” kalian akan menemukan 97 lowongan kerja, tapi kalian akan menemukan lebih banyak dari itu dengan kata kunci “PHP” atau “Java” bahkan bisa sampai 10 kali lipat. Kesimpulannya Python kalah populer dengan PHP dan Java.

Jadi kenapa kita harus mempelajarinya? Berikut alasannya :

Mudah Dipelajari

Python didesain untuk mudah dipelajari dan mudah digunakan. Buat kalian yang masih bingung memilih bahasa pemrograman apa yang ingin pertama kali kalian kuasai, Python adalah pilihan tepat. Buat kalian yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain, mempelajari bahasa Python akan terasa lebih mudah.

Baca juga:   Tips & Trik Untuk Kalian Programmer Python, Patut di Coba!

Fleksibel

Python juga sangat cocok untuk proyek mega besar contohnya : OpenStack, Paypal, dll. Bahkan smpai proyek kecil seperti : blog pribadi, kalkulator, dll. Dapat digunakan online maupun offline. Serta baik untuk proyek dengan GUI atau tidak.

Kuat

Python sudah dibuat sejak tahun 1991. Mengembangkan software akan terasa lebih cepat karena sudah  banyak sekali modul, library, dan framework yang tersedia di Python. Cukup meng-import atau memodifikasi dari yang sudah ada.

Ada di Mana-Mana

Maksudnya adalah Python dapat dijalankan disemua system operasi. Python digunakan di system internal Linux, Mac OS, maupun BSD OS maka Python sudah teinstall secara otomatis. Di Windows juga Python dapat dijalankan dengan cara install terlebih dahulu.

Menghemat Sumber Daya

Pada umumnya mengembangkan software dengan bahasa Python lebih cepat dari bahasa yang lain. Dan Python juga tidak membutuhkan banyak orang untuk mengerjakannya. Dengan kemudahan membaca kode Python kalian juga bisa dengan mudah memperbaiki bugs atau menambah fitur.

Baca juga:   Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

Bisa Lebih Cepat

Sebenarnya cepat atau lambat itu relatif, tergantung kebutuhan. Untuk beberpa kasus, Python sudah cukup cepat. Tapi jika merasa masih kurang cepat, Kalian bisa menggunakan Numba dan Numpy. Dengan begitu kalian akan mendapatkan kecepatan hampir sama dengan bahasa C.

python
python

Kesimpulan

Python bukan bahasa yang sempurna. Kapasitas bahasa untuk kebutuhan proyek pasti berbeda-beda, semua bergantung pada kebutuhan dan sumber daya yang ada. Tapi jika kalian memiliki proyek baru untuk hobi atau profesional, maka cobalah bahasa pemrograman Python untuk proyek tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here