Hong Kong Buat Aplikasi Chatting Tanpa Internet, Ko Bisa?

0
38
Aplikasi Bridgefy
Aplikasi Bridgefy

Beberapa bulan lalu pemerintah membatasi penggunaan media sosial di Indonesia karena ada aksi demonstrasi Mahasiswa se-Indonesia di depan Gedung DPR/MPR/DPD terkait pengesahan Rancangan Undang-Undang Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RUU KUHP), hal itu membuat pengunjuk rasa sulit berkomunikasi satu sama lain. Beda dengan Hong Kong, ketika pemerintah Hong Kong membatasi penggunaan media sosial dan memblokir akses sistem seluler, para demonstran disana menggunakan aplikasi chatting yang bernama Bridgefy. Aplikasi ini tidak perlu menggunakan internet karena menggunakan sistem Bluetooth. Dengan begitu para pengunjuk rasa dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa menggunakan internet.

Aplikasi Bridgefy dirancang oleh startup asal San Francisco. Bridgefy adalah SDK yang dapat diintegrasikan kedelam aplikasi android dan IOS. Dengan menggunakan Topologi Mesh, aplikasi chatting ini dapat menghubungkan antar perangkat-perangkat agar pengguna dapat saling telpon dan chatting satu sama lain meskipun dengan beda kota.

Baca juga:   Lewat 2019 VLIVE AWARDS V HEARTBEAT, Aplikasi VLIVE Ingin Bawa Musisi Indonesia ke Kancah Global

Cara Kerja Bridgefy

Untuk pengiriman pesan ke seorang pengguna lain, jarak antara si pengirim dan penerima dari ponsel ke ponsel harus berada sekitar 100m (330 kaki). Bagaimana jika penerima pesan di luar radius tersebut? Pesan tersebut akan “mampir” dulu ke beberapa pemakai Bridgefy lain di dalam radius kelipatan 100 meter. Jika si penerima pesan berada satu kilometer dari si pengirim, maka pesan tersebut akan singgah di 10 pengguna Bridgefy.

Dengan adanya aplikasi chatting tanpa internet ini, jelas dapat memudahkan pengunjuk rasa yang ingin mencoba menjangkau orang-orang tanpa perlu menggunakan SMS, email, atau aplikasi chatting yang mengharuskan terhubung ke internet. aplikasi tersebut juga telah digunakan diberbagai tempat yang lemah sinyal wi-fi dan jaringan tradisional seperti acara musik atau acara olahraga.

Ada dua alasan orang-orang mengunduh aplikasi ini:

  1. Karena akses internet mulai dibatasi oleh pihak berwenang.
  2. Karena aplikasi ini adalah cara yang aman bagi banyak orang untuk berkomunikasi tanpa khawatir pesan dapat dibaca oleh mata yang tidak diinginkan.
Baca juga:   Mengenal Istilah Quick Count Serta Cara Kerjanya Dalam Dunia Teknologi
bridgefy
bridgefy

Aplikasinya bisa kalian unduh disini

Walaupun pada saat menggunakan Bridgefy bisa tanpa internet tapi kalian harus mengunduh aplikasi ini dengan internet terlebih dahulu. Untuk menyinkronkan kontak pada ponsel juga memerlukan koneksi internet. Jika tidak menyinkronkan kontak, aplikasi ini tetap bisa digunakan tetapi tidak ada kontak pengguna tidak akan muncul.

Kelemahan aplikasi Bridgefy

Tentu saja setiap aplikasi memiliki kekurangan, dalam aplikasi ini sangat bisa dimasuki penyusup untuk memata-matai pendemo atau hal lainnya.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here