Google Chrome Akan Menandai Situs Web yang Lambat

0
22

Perjalanan beselancar di internet tidaklah selalu mulus. Terkadang, kamu pasti menemui situs web yang lambat. Dan kamu pun bertanya-tanya “apakah situs web yang lambat atau koneksi internet kamu yang bermasalah”. Google akan membantu kamu mengidentifikasi Situs Web yang Lambat melalui browser andalan mereka google chrome.

Melalui sebuah blogpost, Google megumumkan bahwa Chrome akan menandai situs-situs web yang terdeteksi lambat dalam memuat halaman. Rencananya fitur ini akan dituangkan ke peramban Chrome versi mobile. Mereka sebenarnya belum memastikan bagaimana mekanisme penandaan situs tersebut bakal diterapkan ke pengguna umum secara spesifik dan juga waktu perilisannya. Mereka sedang menguji bagaimana penandaan itu ditampilkan, yaitu melalui loading screen atau layar putih yang tampil ketika Chrome sedang memuat halaman, hingga penggantian warna progress bar yang mengindikasikan kecepatan situs tersebut.

Baca Juga: Cocok Untuk Pemula Developer Web, Fitur-fitur Chrome DevTool

Baca juga:   Google Mengeluarkan Fitur The Decimation Ala Thanos

Google juga bakal memberikan informasi apakah sebuah situs tergolong “lambat” atau tidak, melalui menu yang akan muncul sebelum pengguna mengklik sebuah tautan.

Pelabelan situs berdasarkan tingkat kecepatannya yang tengah diuji coba Google di Browser Chrome.Nantinya pengguna bakal disuguhkan dengan keterangan “usually loads slow” ketika mereka sedang mengakses sebuah situs yang terdeteksi tidak ramah bandwidth. Sementara untuk situs yang dapat memuat halaman dengan cepat, Google akan memberikan tanda dengan mewarnai progress bar yang terletak di bawah adress bar (kotak alamat URL) dengan nuansa hijau, seperti gambar di sebelah kanan di atas.

Sementara itu, untuk situs yang belum tergolong cepat sendiri progress bar-nya masih akan seperti biasa, yaitu warna biru seperti tampak pada gambar di sebelah kiri. Google mengandalkan data riwayat kecepatan akses masing-masing situs untuk mengkategorikan situs berdasarkan tingkat kecepatannya. Ke depannya, Google berencana untuk menandai situs web yang lambat ini berdasarkan kecepatan internet pengguna dan perangkatnya. Tapi ingat, ini masih dalam tahap uji coba. Kita tunggu info selanjutnya kapan fitur ini akan diluncurkan oleh google.

Baca juga:   Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat
Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here