Fitur Dark Mode Juga Punya Resiko untuk Kesehatan Mata

0
25

Beberapa waktu belakangan ini fitur Dark Mode atau mode gelap sedang banyak di gunakan oleh para netizen, baik pengguna smartphone, tablet maupun PC Dekstop. Berawal dari media sosial Instagram yang menghadirkan fitur Dark Mode lalu mulai diikuti oleh android, ios, windows, mac os, hingga browser seperti Firefox dan Chrome juga menyediakan fitur Dark Mode.

Bahkan para developer seakan berlomba-lomba untuk menyediakan fitur dark mode pada aplikasi mereka. Karena memang fitur dark mode dapat menghemat daya lebih baik pada smartphone dengan layar OLED atau AMOLED. Dengan fitur dark mode pada panel OLED tidak perlu menggunakan listrik untuk mengubah warna ke hitam, cukup dengan mematikan panel tersebut.

Tampilan dengan latar yang gelap memang sedikit menyejukkan ketika menatap layar di ruang gelap. Tetapi dibalik kelebihan itu, pasti ada kekurangan.Ya,Ternyata Fitur dark mode Juga Punya Resiko untuk Kesehatan Mata.

Baca juga:   Cara Mengatasi DNS Server Not Responding Di Windows 10

Astigmatisme

Menurut American Optometric Association, kondisi Astigmatisme lumrah terjadi pada beberapa orang. Bahkan, 30 persen populasi manusia memiliki penyakit ini. Penyakit ini membuat kamu kesulitan untuk membaca tulisan putih dengan latar yang gelap, seperti Dark Mode. Astigmatisme akan membuat pandangan berbayang karena bentuk tak lazim kedua bola mata. Sehingga, sangat tidak disarankan bagi pengguna yang memiliki penyakit ini untuk mengaktifkan fitur dark mode atau mode gelap.

Iris Mata Bekerja Keras

Pada Umumnya, tampilan teks memiliki tulisan berwarna hitam dengan latar putih. Ternyata, hal tersebut bertujuan untuk membuat Iris mata dapat bekerja efektif dengan mendapat asupan cahaya yang cukup.

Sebaliknya, jika tulisan berwarna putih dan latar berwarna hitam, maka iris mata perlu bekerja lebih keras untuk mendapatkan cahaya. Imbas iris mata yang bekerja terlalu keras tentu akan membuat kamu cepat lelah. Jika kamu merasa seperti ini, hentikanlah menggunakan fitur dark mode.

Baca juga:   Fitur terbaru Google 'Smart Screenshot' memungkinkan pencarian gambar dengan Tangkapan Layar

Itulah beberapa resiko penggunaan dark mode yang berbahaya bagi kesehatan mata. Intinya, Bila kamu merasa tidak nyaman menggunakan dark mode dan membuatmu cepat lelah, berhenti menggunakan Fitur dark mode. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here