Faktanya, Ini Perbedaan Mendasar Programmer dan Developer

0
50
Programmer VS Developer
Programmer VS Developer

Apa sih bedanya Programmer dan Developer? Bukannya sama-sama membuat program? Mungkin itulah pertanyaan yang sering kita dengar jika masuk dalam dunia IT.

Banyak yang masih menganggap pekerjaan Programmer dan Developer mempunyai tingkatan yang sama. Faktanya keduanya mempunyai perbedaan. Coba simak perbedaan antara Programmer dan Developer berikut ini :

Programmer

Programmer merupakan seseorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Mereka mempunyai banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level, mereka bisa dan handal dalam menulis kode, mengerti algoritma, dan sering bekerja sendiri. Biasanya seorang programmer akan menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya. Programmer merupakan lulusan dari universitas dengan jurusan ilmu komputer atau informatika. Ada juga programmer yang bukan berasal dari universitas, seperti pelajar sekolah menengah kejuruan di bidang informatika, atau orang yang belajar otodidak dari buku, internet, kursus, bootcamp, dan sebagainya.

Baca juga:   Cara Install Linux Di Windows Tanpa Dual Boot, Bukan Bluestack!

Developer

Developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan juga.

Developer juga bisa dikatakan sebagai seseorang yang dapat menggunakan banyak sistem dan bahasa pemrograman yang berbeda serta membuatnya terhubung satu sama lain. Developer merupakan seseorang yang profesional, dapat bekerja dengan orang lain, dan punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Developer memiliki pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang sudah pernah ia selesaikan sebelumnya dan tahu mana metode yang berhasil dan mana yang tidak. Developer biasanya menggambarkan tujuan, dan mereka merancang perangkat lunak yang akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebasan karena mereka memiliki pengalaman yang lebih dalam.

Programmer juga bisa disebut coder, sedangkan developer juga bisa disebut software engineer. Dengan kata lain, programmer bisa dikatakan seorang penyelesai masalah dan developer bisa dikatakan seorang yang tidak hanya menyelesaikan masalah namun punya kinerja yang terstruktur dan disiplin.

Baca juga:   Tidak Banyak Yang Tahu Ternyata Ini Keunggulan Bahasa Pemrograman F#

Jadi perbedaan antara programmer dan developer yang paling mendasar adalah tingkatan derajatnya. Developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan pengalaman dibanding programmer. Sedangkan programmer dapat mempercepat penyelesaian masalah dengan jumlah waktu yang lebih singkat, tetapi mereka tidak akan sampai ke titik dimana mereka akan melakukan hal yang sama.

Setelah tahu perbedaannya, kalian lebih memilih menjadi Programmer atau Developer?

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here