Element Dasar HTML yang Jarang diketahui Tapi Sangat Berguna

0
19

HTML (Hyper Text MarkUp Language) adalah Bahasa markup standar untuk pembuatan halaman website. Dengan HTML kita dapat membuat halaman website sesuai standar dengan pengkodean tag-tag HTML. Dari sekian banyak elemen HTML yang umum digunakan, ternyata ada element dasar HTML yang jarang diketahui tapi sangat berguna.

Audio

Tag <audio> berfungsi untuk memutar suara seperti musik atau format audio lainnya. Ada beberapa format yang dapat diputar, seperti MP3, WAV, dan OGG.

Contoh:

<audio controls>  <source src=”Didi Kempot – Cidro.mp3″ type=”audio/mpeg”></audio>

Video

Tag <video> dapat dipakai untuk memutar file video baik lokal maupun yang tersimpan di server lain. Dengan elemen ini, kita tidak perlu menggunakan library pihak ketiga untuk memutar video di halaman web yang sedang dikerjakan.

Contoh:

<video width=”854″ height=”480″ controls>  <source src=”Isyana Sarasvati – Mimpi (Official Music Video)”></video>

Output

Tag <output> ini dapat digunakan untuk menampilkan hasil dari suatu perhitungan. Kalian dapat menggunakan tanda + dan = untuk menunjukan bahwa nilai pertama dan kedua harus “dikeluarkan” melalui tag `.

Progress

Tag <progress> dapat berfungsi untuk menampilkan progress bar pada halaman HTML.

Contoh:

<progress value=”2″ max=”10″></progress>

Time

Tag <time> dapat dipakai untuk menampilkan tanggal/waktu. Secara visual, tidak ada perbedaan saat menggunakan tag <time>, akan tetapi jika tag ini dipakai, maka browser bisa membantu pengguna untuk menambahkan tanggal/waktu ke aplikasi kalender atau reminder yang mereka pakai.

Contoh:

<p>Pesawat ini akan berangkat pada Pukul <time>08:00</time></p>

Itu dia beberapa element dasar HTML yang jarang diketahui tetapi akan sangat berguna jika dibutuhkan, semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here