Dua Cara Mengatasi Sistem Windows 10 Yang Lambat

0
62
windows 10
windows 10

Banyak dari kita yang tiba-tiba mengeluhkan laptop atau komputer menjadi lambat, kinerja yang jauh lebih lambat jika dibandingkan saat anda pertama kali membeli atau menginstalnya. Salah satu penyebabnya yaitu terjadi saat setelah kita mengupgrade Windows ke Windows 10 Fall Creators Update.

Seiring bertambahnya waktu, maka program yang hadir pun semakin bervariasi dan bertambah banyak didalamnya. Atau bisa juga terjadi karena terdapat dua gejala jika Windows 10 Anda terkena masalah ini:

  1. File Explorer terbuka lebih lama dari biasanya
  2. Kita dapat melihat dengan jelas lag saat jendela dibuka

Terlepas dari masalah itu semua ada dua cara yang mungkin bisa kalian coba untuk mengatasi Windows 10 yang lambat.

1Nonaktifkan beberapa (atau semua) aplikasi yang bekerja secara otomatis dilatar belakang

  • Pertama, tekan kombinasi Ctrl + Alt + Del untuk menghadirkan Task Manager, atau kalian hanya tinggal mengetik Task Manager pada tombol pencarian dan tekan enter untuk memasuki aplikasi ini.

 

  • Kemudian, lihat Tab Startup pada bagian kanan. Disinilah semua sihir akan bekerja secara efektif ketika anda menonaktifkan beberapa program yang bekerja secara otomatis saat Windows pertama kali bekerja.

 

Task-Manager-3

  • Nonaktifkan beberapa program yang sebenarnya tidak diperlukan anda, dengan cara mengklik kanan aplikasi yang ingin anda nonaktifkan, kemudian pilih opsi disable. Anda bisa mengubah semua opsi ini kapan saja dengan cara yang sama.

 

Task-Manager-4

  • Setelah itu, tutup Task Manager, kemudian buka aplikasi lain, yakni msconfig, dimana Windows menyebutnya sebagai System Configuration.
  • Ketik “”msconfig” di tombol search Windows, lalu tekan enter untuk memasuki aplikasi ini.

 

MSconfig-1

  • Setelah itu, lihat pada bagian tab Service. Untuk menghindari kesalahan, centang tanda “Hide All Microsoft Services”.

MSconfig-3

 

  • Kemudian pilih disable untuk beberapa aplikasi yang anda ingikan, maka ia tidak akan berjalan secara otomatis pada Windows, atau anda bahkan bisa menonaktifkan semua dengan satu pilihan tombol pada bagian bahwa dengan opsi “Disable All”

 

MSconfig-4

  • Jika sudah yakin, klik Apply dan tutup aplikasi ini. Windows akan merestart secara otomatis untuk memulai semua perubahan yang telah kita lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here