Cocok Untuk Pemula Developer Web, Fitur-fitur Chrome DevTools

0
65

Mungkin sudah sangat umum mendengar nama browser google chrome, tetapi tahukah anda jika di dalam browser tersebut terdapat suatu fitur yang lumayan bermanfaat dan menarik untuk dipelajari. Google Chrome Developer Tools atau biasa juga disebut dengan Chrome DevTools Merupakan satu alat yang digunakan untuk melakukan proses debug pada suatu web yang menjadi keistimewaan dari browser Google Chrome. Tools Bawaan Google Chrome ini sangat berguna jika anda adalah seorang developer web.

Berikut Cara Membuka Chrome DevTools

Pilih More Tools > Developer Tools dari Menu Chrome. Lalu Klik-kanan pada elemen laman dan pilih Inspect. Atau bisa Gunakan Pintasan Keyboard Shift+I Pada Windows atau Cmd+Opt+I Pada Mac OS

Berikut beberapa fitur DevTool yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pengembangan web:

Elements

Klik kanan pilih inspect lalu pilih tool Elements atau bisa tekan F12, Berguna untuk memeriksa dan bisa mengedit langsung kode HTML dan CSS (namun akan hilang saat di refresh)

Baca juga:   Faktanya, Ini Perbedaan Mendasar Programmer dan Developer

Console

Klik kanan pilih inspect lalu pilih tool Console. Fitur ini memungkinkan developer untuk menjalankan perintah-perintah JavaScript atau melihat pesan-pesan yang dihasilkan oleh kode JavaScript di laman yang sedang aktif.

Source

Klik kanan pilih inspect lalu pilih tool Source. Fitur ini akan menampilkan isi file atau kode sumber dari laman yang sedang aktif.

Device Mode

Klik kanan pilih inspect lalu toggle device toolbar atau bisa menekan F12, Ctrl + Shift + M langsung bisa menggunakan fitur device mode sebagai menguji apakah website yang anda kembangkan tampilannya responsif dan berjalan dengan baik di platform mobile.

Security

Klik kanan pilih inspect lalu pilih tool Security. Fitur ini akan menampilkan informasi keamanan pada web yang sedang aktif, apakah sertifikat HTTPS nya aktif atau tidak, dsb.

Network

Klik kanan pilih inspect lalu pilih tool Network, Fitur ini anda menampilkan rincian size, status, type, intiator, size, time, waterfall halaman web file yang telah di tampilkan

  • size = ukuran file yang mengoperasi tampilan website tersebut
  • status = status yang di terima HTTP
  • type = jenis format file
  • time = tempo waktu yang di ambil
Baca juga:   Faktanya Tidak Banyak Sarjana IT Di Indonesia Yang Jadi "Programmer"

Itulah sebagian Fitur dari Chrome DevTools yang dapat dipelajari, sebenarnya masih banyak fitur atau kegunaan lain yang bisa anda explore dan coba sendiri, Sekian dari artikel saya semoga bermanfaat.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here