Cara untuk Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone Android

0
51

Koneksi internet yang cepat dan stabil memang menyenangkan, karena dengan koneksi internet yang cepat dan stabil dapat menunjang aktivitas kita dalam berinternet ria dengan smartphone kita. Untuk mencapai koneksi internet yang cepat dan stabil itu kamu bisa mengikuti tips ini, berikut adalah beberapa Cara untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone Android.

  1.  Gunakan Jaringan 4G LTE

Jika kamu mendapati internet kamu berjalan lambat, padahal smartphone kamu sudah mendukung 4G dan berada di area yang tercover 4G dan sinyalnya kuat, mungkin ada yang salah dengan pengaturan jaringan smartphonemu. Untuk mengatur koneksi dalam 4G LTE, kamu bisa langsung berkunjung ke Settings > Network & internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, kemudian pilih LTE/WCDMA atau jika smartphonemu belum mendukung 4G pilih GSM/WCDMA preferred. Kamu perlu mengetes mana opsi yang terbaik dari 2 pengaturan konektivitas tadi dengan memakainya berinternet untuk beberapa saat.

  1. Gunakan Fitur Airplane Mode

Jika koneksi internet kamu tiba-tiba lambat atau bahkan mati, cobalah menggunakan fitur Airplane Mode di smartphone kamu. Caranya adalah dengan mengaktifkan Airplane Mode selama beberapa detik, lalu matikan kembali mode tersebut. Penggunaan fitur Airplane Mode dimaksudkan untuk mengulang koneksi internet ke jaringan operator.

Baca juga:   Pengertian SEO dan Manfaat Search Engine Optimization Bagi Bisnis Anda

3. Uninstall Aplikasi dan Widgets yang tidak digunakan

Jika smartphone Android yang kamu gunakan memiliki banyak aplikasi yang tidak penting atau bloatware. Segeralah untuk Disable atau bahkan Uninstall Aplikasi tersebut, sebab aplikasi ini selalu terhubung ke internet dan berjalan di “latar belakang” meski tidak dibuka. Hal itu bisa membuat sistem semakin lambat dan juga dapat menurunkan kecepatan internet

Untuk menyingkirkan aplikasi bloatware ini, kamu bisa langsung menghapus (uninstall) atau menonaktifkan dengan cara disable. Caranya, masuk ke menu Settings > Apps & notifications > All apps > Pilih aplikasi yang ingin kamu disable > Disable.

Setelah itu kamu bisa mengoptimalkan kinerja smartphonemu dengan menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai. Untuk menutup aplikasi secara menyeluruh, caranya klik tombol recent apps dan swipe aplikasi yang tidak kamu butuhkan untuk membuat RAM lebih lega dan koneksi internet yang lebih lancar.

  1. Gunakan Ad Blocker atau Penghalang Iklan

Iklan merupakan salah satu faktor yang dapat memperlambat koneksi internet, sekaligus memperlambat performa hp kamu. Terkadang, saat kita sedang berinternet sering menemui iklan liar yang sangat mengganggu, seperti video yang langsung menyedot kuota data internet kita. Untuk itu, kamu bisa coba memasang Ad Block dengan rating yang bagus di Google Play Store. Dengan memblokir iklan di Android, selain bisa menghemat kuota data internet kamu juga dapat mempercepat koneksi internet.

  1. Reboot

Melakukan reboot atau restart itu penting untuk dilakukan, karena itu membuat sistem Android dapat kembali bekerja dalam kondisi yang “bersih” dari ragam proses aplikasi yang bisa jadi membuat sistem overload dan lambat memproses. Tentunya dengan sistem yang ringan dapat mempercepat koneksi internet.

Baca juga:   Nama-Nama Selebriti Yang Masuk Dalam Daftar Pencarian Paling Berbahaya Di Internet

Sekarang kamu telah mengetahui Cara untuk mempercepat koneksi internet pada smartphone Android. Selamat mencoba.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here