Cara Kerja Web Yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

0
47
cara kerja website
cara kerja website

Di zaman yang semakin maju dan sangat berkembang ini, semakin mudah para pengguna internet/user menggunakan internet. Semakin canggihnya akses internet dimana saja membuat para pengguna internet/user tidak mempertanyakan lagi apa sih web itu dan bagaimana cara kerja web itu sendiri, karena mereka lebih asik menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, yahoo, skype dan media sosial lainnya.

Nah buat kalian yang belum tahu “Bagaimana sih cara kerja Web?” dan apa saja aturan aturan penting dalam proses kerja web?, Devhoz akan kasih tahu jawabannya. Sebelum kita membahas cara kerja web disini saya akan menjelaskan apa sih web itu?

Web adalah World Wide Web (www) yang  merupakan framework arsitektur untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan, yang tersebar  di ribuan mesin di Internet. pengguna internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar,suara dan animasi.

Ada  4 unsur penting dalam proses kerja web, yaitu :

1.User

Pengguna/user adalah orang yang melakukan permintaan/request sebuah alamat sebuah situs.

2.Client Server

Client server merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai sebuah mesin pencari (browser) dimana sebuah situs atau informasi berada disana.

3.TCP/IP

IP adalah kode atau sebuah alamat yang dapat membantu agar sebuah permintaan akan mendapatkan jawaban yang sesuai.

4. server

Server(otak)adalah pusat dari semuanya,disinilah pusat dari semuanya, tempat penyimpanan server lah data dan disini data diolah dan dikirim kembali sesuai permintaan atau request.

Baca juga:   Cara Mengatasi DNS Server Not Responding Di Windows 10

Cara kerja Web Server :

  • Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
  • Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yang merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yang digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yang terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yang di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yang meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yang ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yang dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan menimbulkan error yang sering kita lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.
Baca juga:   Facebook Akan Berikan Rp 142 Juta Jika Kalian Mampu Bobol Mata Uang Kripto Ini
cara kerja web
cara kerja web

Jika dilihat dari gambar tersebut dapat dijelaskan :

Misalkan saya adalah seorang USER dan ingin membuka sebuah situs, dalam hal ini misalnya devhoz.com dari sebuah komputer yang berada di sebuah warnet, URL atau REQUEST yang saya ketik melalui aplikasi browser yang kali ini dipakai adalah Mozilla firefox 3.0, maka URL/alamat yang saya tadi ingin masukan di klik di kolom (www) atau world wide web yang merupakan sebuah arsitektur kerja untuk memasuki dokumen yang saling berhubungan.

Setelah URL atau nama situs itu dimasukan di mesin pencari (mozilla) maka akan secara otomatis “jika komputer terkoneksi” DATA/URL akan terkirim dan akan memasuki wilayah kerja TCP/IP disini data akan diperiksa sesuai alamat dan permintaan nya. Dan server akan mengambil header/judul sebagai patokan pencarian sehingga jelas dan tidak rumit setelah itu body akan di sesuaikan dan server akan memberikan data yang minta melalui alamat ip asal request tersebut jika data ada dan tidak valid ke client server sebelum akhirnya kembali lagi ke user.

Itulah sedikit informasi tentang Pengertian Web Server dan cara kerja web, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here