Cara Aktivasi Windows 10

0
47

Windows 10 adalah sistem operasi keluaran Microsoft yang sangat umum digunakan jika kamu membeli sebuah laptop atau PC selain produk Apple. Pada awal pemasangan Windows 10 biasanya akan muncul watermark bertuliskan “Activate Windows” jika kamu belum melakukan aktivasi pada semua versi, baik Home, Basic, maupun Enterprise. Maka untuk menghilangkan watermark itu diperlukan aktivasi, berikut ini ada beberapa Cara Aktivasi Windows 10 yang bisa kamu coba.

Menggunakan Lisensi Digital

Jika Windows 10 kamu menggunakan lisensi digital, kamu tidak perlu melakukan aktivasi. Kamu cukup menyalakan komputer atau laptop, hubungkan dengan internet, dan log in ke akun Microsoft kamu. Maka Windows 10 langsung teraktivasi, karena lisensi ini sudah terikat dengan hardware dan akun Microsoft kamu.

Menggunakan Product Key

Jika kamu tidak memiliki lisensi digital, cara kedua adalah melakukan aktivasi dengan product key. Caranya dengan masuk ke menu Settings, kemudian Update & Security, dan menu Activation yang ada di sebelah kiri. Pilih opsi Update product key, kemudian opsi Change product key lalu masukkan product key yang kamu punya, biasanya terdapat pada di disk atau di email konfirmasi.
Setelah memasukkan product key, secara otomatis kalian akan masuk ke halaman aktivasi Windows 10, Lalu Klik Next untuk memulai proses aktivasi. Tunggu hingga proses aktivasi tersebut selesai dengan sendirinya. Perlu diingat bahwa seluruh proses aktivasi ini memerlukan koneksi internet, sehingga pastikan komputer atau laptop kamu terhubung dengan internet. Setelah proses aktivasi selesai, Akan muncul notifikasi Windows 10 telah diaktivasi. Untuk menyelesaikannya kamu cukup klik Close.

Baca juga:   Hal Negative Di Balik Aplikasi #AgeChallenge FaceApp Yang Harus Anda Tahu
Menggunakan Aplikasi pihak ketiga

Jika kamu tidak mempunyai lisensi digital maupun product key Windows 10, kamu masih bisa diaktivasi secara permanen, tetapi kamu harus menggunakan tool atau aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang banyak digunakan adalah KMS Auto Lite. Tetapi, untuk melakukannya anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu.

Pastikan kamu sudah mematikan Windows Defender atau antivirus lain yang terpasang pada Laptop kamu. Kamu bisa mematikannya sementara pada bagian settings. Ketika kamu menjalankan program tool aktivator, maka program tersebut akan dianggap sebagai virus oleh Windows Defender atau Antivirus lainnya. Akibatnya program tidak akan dapat dijalankan atau terjadi error. Oleh karena itu, sebelum menggunakan tool aktivator maka kamu perlu mematikan antivirus terlebih dahulu.

Persiapan selanjutnya adalah memberikan izin terhadap eksekusi Windows Script Host, tetapi ini hanya perlu dilakukan jika anda menggunakan Smadav. Ketika menggunakan Smadav, maka status Windows Script Host akan diubah menjadi disable. Sementara itu, program aktivator seperti KMS Auto Lite atau KMS Pico memerlukan izin untuk menjalankan Windows Script Host. Oleh karena itu, anda perlu memberikan izin (allow) fitur tersebut pada Smadav.

Untuk meng-allow Windows Script Host pada Smadav, Silahkan klik kanan pada icon Smadav di taskbar icon (kanan bawah), kemudian klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent) atau Allow Windows-Script & Office-Macro (Until Restart).

Baca juga:   Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Laptop Untuk Programming

Setelah kamu menyelesaikan tahap persiapan, maka kamu bisa langsung melakukan aktivasi secara permanen dan offline menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pastikan kamu sudah memiliki KMS Auto Lite, jika belum silahkan download disini.

Langkah Pertama, ekstrak KMS Auto Lite yang sudah didownload. Pada folder tersebut kamu akan menemukan dua file yaitu KMSAuto X64 (untuk Windows 64 Bit) dan KMSAuto (untuk Windows 32 Bit). Jalankan sesuai dengan Windows yang digunakan. Lalu jalankan KMS Auto Lite dengan hak akses administrator (Run as administrator).

Pada jendela KMS Auto Lite, silahkan klik opsi Install GVLK. Selanjutnya ceklis Forcibly lalu klik Windows key untuk memasang produk key Windows 10 dari KMS Auto Lite. Jika berhasil maka akan muncul keterangan KEY INSTALLED SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar). Selanjutnya, silahkan klik Activate Windows untuk mengaktifkan Windows 10 yang kamu gunakan.

Jika proses aktivasi sudah selesai, maka akan muncul keterangan ACTIVATION SUCCESSFUL (seperti pada kotak hijau di gambar). Artinya, kamu sudah berhasil melakukan proses activate Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite.

Itulah beberapa Cara Aktivasi Windows 10 yang bisa kamu coba. Sekarang kamu bisa menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi windows 10 yang sudah diaktivasi. Selamat mencoba

 

 

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here