Benarkah Virus Corona Menyebar Lewat Smartphone Xiaomi? Ini Faktanya!

0
367
Smartphone Xiaomi
Smartphone Xiaomi

Berawal dari cuitan akun twitter @coromodol beberapa waktu lalu. Ia mengatakan “virus corona nyebar lewat hp xiaomi”. Cuitan yang sudah mendapat 9,5 ribu RT itu viral dan mengundang reaksi beragam. Ada yang menganggap itu hanya guyonan dan ada yang menganggap itu serius.

Seperti yang kita ketahui Xiaomi adalah perusahaan mobile internet yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Cina. Perusahaan ini kini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan memiliki lebih dari 3000 karyawan.

Tapi bagaimana sebenarnya penjelasan mengenai hal itu? Apakah masuk akal? Mari kita bahas.

Tidak Benar!

Faktanya virus Corona tidak bisa hidup jika menempel di benda mati. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI, Achmad Yurianto. Jadi penyebaran virus Corona melalui ponsel Xiaomi yang berasal dari China itu tidak benar.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih dengan mengatakan

“virus corona 2019-nCoV bisa menular antar manusia lewat batuk dan bersin hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut.”

Selain itu, Daeng juga menambahkan penularan virus corona bisa terjadi dari hewan ke manusia.

Baca juga:   Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Responsive Web Design

Hoaks!

Kabar tidak benar terkait virus Corona cukup banyak beredar di masyarakat melalui berbagai platform. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar mewaspadai beredarnya konten bohong alias hoaks mengenai perkembangan virus Corona.

Johnny juga meminta masyarakat untuk tidak mengaitkan masalah Virus Corona dengan masalah-masalah lain yang berdampak luas dan negatif terhadap negara, baik dari sektor ekonomi kita maupun sektor lainnya. Masyarakat diharapkan mengacu kepada intitusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini.

Dikutip dari Suara, bunyi imbauan hoaks virus corona itu begini:

“Yang pake hp xiaomi cepat buang hp kalian, Karna virus Corona berasal dari china , dan menyebar melalui server, dikeluarkan dari speaker xiaomi!” (((menyebar melalui server))) (((dikeluarkan dari speaker xiaomi)))

Orang-orang seperti ini pasti dulu kalau komputernya kena virus langsung downoad parasetamol.

Baca juga:   Teknologi Yang Mampu Mengantisipasi Penyebaran Virus

Broadcast model begitu sangat mungkin memakan korban, terutama para pengguna gadget yang pengetahuan teknologinya parah, mau nggak mau informasinya tetap harus diluruskan.

Xiaomi Rilis Fitur Deteksi Dini Virus Corona

Di lain sisi Xiaomi malah membuat fitur deteksi dini mengenai virus corona. Berbanding terbalik dengan berita yang sudah tersebar.

Fitur tambahan itu terdapat pada aplikasi XiaoAi yang memungkinkan untuk mendeteksi dini virus corona secara real-time.

Fitur itu diberi nama “Real-Time Pneumonia Epidemic” seperti dilansir Gizmo China.

Selain menyediakan tampilan deteksi dini virus corona, pengguna juga dapat melihat pembaruan informasi terkait virus corona.

Aplikasi XiaoAi dapat diunduh di semua jenis perangkat ponsel Xiaomi. Tindakan perusahaan ini pun dinilai sangat efektif agar pengguna dapat melakukan pencegahan yang diperlukan untuk terhindar dari virus corona.

Nah jadi sudah tahu kan kebenaran mengenai virus corona yang dapat menyebar lewat smartphone Xiaomi itu adalah bohong. Jadilah pengguna internet yang bijak, sebarkan kebenaran dan luruskan kebohongan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here