Apa siiih VPN itu? Sampai Viral Beberapa hari ini, yuk cari tau apa itu VPN, Fungsi dan Manfaat VPN

0
1334

Pengertian VPN Adalah

Apa itu VPN (Virtual Private Network)Pengertian VPN adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private) melalui jaringan publik (internet).

Berikut penjelasan makna dari masing-masing kata pada Virtual Private Network:

  1. Virtual: hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/ internet
  2. Private: hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi
  3. Network: jaringan koneksi yang saling terhubung

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi.

Fungsi VPN Secara Umum

Penggunaan VPN merupakan cara yang aman untuk mengakses Local Area Network (LAN) yang berada pada jangkauan tertentu, melalui koneksi internet atau jaringan lainnya untuk melakukan transmisi data secara pribadi. Dengan menggunakan VPN maka kita dapat menghindari adanya penyusup saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan.

Mengacu pada pengertian VPN di atas, adapun beberapa fungsi VPN adalah sebagai berikut:

Baca juga:   Daftar Nama Domain Negara di Dunia

1. Kerahasiaan Data (Confidentially)

Penggunaan VPN dapat menjaga kerahasiaan data dan informasi milik pengguna agar tidak digunakan orang lain sembarangan. Saat ini menggunakan jaringan yang bersifat publik bisa dibilang cukup berbahaya, apalagi untuk bisnis-bisnis besar misalnya pada perusahaan jasa konsultan atau asuransi yang rentan dengan informasi-informasi penting. Sehingga dengan menggunakan VPN maka bisa mengamankan keluar masuknya data melalui metode enkripsi.

2. Keutuhan Data (Data Integrity)

VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim.

3. Otentikasi Sumber (Origin Authentication)

Program pada VPN mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Manfaat VPN

Setelah memahami pengertian VPN dan fungsinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa manfaanya. Dengan adanya VPN maka semua transmisi data yang terjadi antara komputer atau gadget pribadi akan terenkripsi sehingga aman dari pihak lain yang tidak diinginkan.

Baca juga:   Fitur-Fitur Edge Chromium, Browser Terbaru Microsoft

Secara umum manfaat penggunaan VPN adalah sebagai berikut:

  1. Privasi; privasi yang lebih terjamin dengan adanya fitur menyembunyikan kegiatan dari ISP saat berselancar di internet. Pengguna VPN dapat menyembunyikan alamat IP sehingga ketika melakukan browsing internet maka pihal lain tidak akan mengetahui lokasi geografis pengguna
  2. Remote Acces; dengan adanya VPN maka kita dapat mengakses jaringan komputer di kantor atau di mana saja melalui jaringan internet.
  3. Keamanan; VPN membantu menjaga keamanan jaringan internet dari serangan hacker, apalagi bila memakai WiFi umum
  4. Hemat Biaya; VPN membantu penghematan biaya pengaturan jaringan. Penggunaan VPN pada jaringan lokal yang luas dapat dilakukan dengan biaya murah karena menggunakann jaringan internet yang telah ada tanpa harus membanguna jaringan sendiri

Di atas tadi adalah penjelasan ringkas tentang pengertian VPN, fungsi, manfaatnya. Jadi tau kan betapa pentingnya VPN beberapa hari ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here