Apa Itu NFC ? ini Manfaat dan Kegunaannya

0
124
NFC

Pada saat ini Fitur near-field communication (NFC) memang mulai banyak tersemat di beberapa smartphone, bahkan sudah menjadi fitur standar di beberapa smartphone di kelas menengah (mid-range) dan flagship.

Fitur near-field communication (NFC) adalah sebuah fitur komunikasi jarak pendek yang terdapat pada smartphone. NFC sendiri dipatenkan pertama kali oleh Charles Walton pada 1983. NFC dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification) dengan basis antena. Namun, antena yang digunakan NFC lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah adanya interferensi.

Cara kerja NFC agak mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Bedanya, pada NFC menggunakan teknologi Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi. NFC bisa digunakan untuk menginduksi arus elektrik di komponen pasif untuk hanya mengirim data.

Komponen pasif tersebut tidak harus memiliki daya, mereka bisa mengandalkan medan elektromagnetik yang diproduksi komponen aktif NFC ketika dua komponen saling didekatkan. Hal ini menjadi pembeda antara NFC dan bluetooth.

Fakta menariknya adalah Kecepatan NFC tidak secepat bluetooth, maksimal transfer data yang bisa dilakukan NFC adalah 424 kilobit per detik. Sementara bluetooth 2.1 – versi bluetooth yang agak lawas bisa mencapai 2.1 Mbit per detik. Dan juga, NFC membutuhkan jarak fisik yang sangat dekat dibanding bluetooth. Jarak tak boleh lebih dari 10 cm untuk menghubungkan dua perangkat NFC. Meski demikian, spesifikasi NFC sudah cukup untuk melakukan transaksi ataupun mengisi e-money.

Baca juga:   Bosan dengan PPT? Coba Alternatif Membuat Slide Presentasi Dengan JavaScript dan HTML5

Kegunaan NFC

NFC pada awalnya terkenal karena bisa digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik. Namun, NFC ternyata punya kegunaan lainnya. Berikut ini adalah beberapa Manfaat dan Kegunaan near-field communication (NFC)

  1. Mengisi “e-money”

Sejumlah bank penerbit uang elektronik (e-money) telah memiliki fitur top up melalui aplikasi mobile banking. Dengan mobile banking yang tersemat pada ponsel ber-NFC, kita tak perlu repot datang ke bank, ATM, atau minimarket untuk mengisi kartu tersebut.

  1. Transaksi di restoran

Kegunaan NFC yang paling sering adalah menjadi alat transaksi di sejumlah restoran pada food court. Dengan mendekatkan kartu khusus (terisi saldo) pada NFC reader yang ada di kasir restoran, makanan langsung terbayar. Bahkan, pada sejumlah restoran, ponsel ber-NFC telah digunakan sebagai alat transaksi (tak perlu NFC reader)

  1. Menghubungkan perangkat lain

Kegunaan NFC lainnya juga bisa dijumpai pada sejumlah merek smartphone, seperti Apple, Samsung, Huawei ,Asus, Oppo, dan Xiaomi ini juga bisa menjadi sarana penghubung antara ponsel dengan perangkat lain, seperti laptop dan printer jenis tertentu. Bahkan, ada TV yang telah dilengkapi NFC pada remote-nya sehingga ponsel ber-NFC dapat berfungsi sebagai mirroring.

  1. Mengisi daya ponsel

Pada sejumlah ponsel yang dilengkapi fitur NFC, selain bisa digunakan untuk topup saldo kartu e-money, dapat dipakai untuk mengisi daya, tentu dengan menggunakan wireless charger. Untuk ponsel yang belum dilengkapi dengan fitur ini, Anda dapat menambahkan perangkat wireless charging receiver dengan harga terjangkau.

Baca juga:   Rekomendasi Tampilan Homescreen Untuk Smartphone Kalian Agar Terlihat Lebih Menarik

Dengan adanya near-field communication (NFC) pada smartphone kita, itu sangatlah bermanfaat untuk melakukan cek saldo dan menambah saldo uang elektronik disaat-saat darurat. Terutama untuk kamu yang sering menggunakan jalan tol dan parkir di mall atau gedung yang sudah menerapkan penggunaan uang elektronik alias cashless, Pastinya dengan adanya NFC akan membantu kamu untuk tercegah dari kehabisan saldo emoney, karena dapat mengecek dan topup saldo dimanapun kapanpun tanpa harus repot ke merchant.

itulah Penjelasan tentang near-field communication (NFC) beserta beberapa Manfaat dan Kegunaannya. semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here