Apa Itu Captcha? ini Fungsi dan kegunaanya bagi Website

0
63

Apa Itu Captcha?

Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) merupakan sejenis fitur challenge respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan arti kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,twitter, Youtube, kaskus dan berbagai macam website lainnya.

Captcha ada bermacam-macam jenisnya, namun pada umumnya captcha memiliki bentuk atau terdiri dari huruf dan angka yang bentuknya tidak rapi, ada yang bengkok, ada yang ancur, meliuk – liuk seperti ular, dan masih banyak lagi.

Captcha berfungsi untuk mengelakkan perisian automatik (bot) dari melakukan tindakan sama seperti manusia melakukan sign up atau login dan sebagainya. Misalnya ketika sign up untuk akun email baru, anda akan menemui Captcha ini di bagian bawah sign-up, Ini sebenarnya untuk memastikan bahwa form tersebut hanya boleh diisi oleh manusia dan bukannya diisi secara otomatis atau diisi oleh komputer bot.  Mustahil bagi bot untuk menekan dengan tepat suatu captcha yang dihasilkan. Jika fitur ini tidak digunakan, maka bertambah banyaklah akun yang dihasilkan oleh bot.

Dengan memasang fitur ini di login form atau registrasi di website anda maka hal ini dapat menghalangi spam bot. Berikut beberapa fungsi captcha dan kegunaanya bagi website anda:

1. Mencegah Komentar Spam di Website atau Blog

Fungsi captcha yang pertama adalah mencegah komentar berupa spam di website atau blog anda. Kebanyakan blogger yang akrab dengan program yang mengirimkan komentar palsu, biasanya untuk tujuan meningkatkan peringkat mesin pencari dari beberapa situs (misalnya, “membeli alat pembesar leher di sini”). Ini disebut spam komentar. Dengan menggunakan captcha, hanya manusia dapat memasukkan komentar di blog. Tidak perlu untuk membuat pengguna mendaftar sebelum mereka memasuki komentar, dan tidak ada komentar sah pernah hilang.

Baca juga:   Istilah DOM Dalam Pembuatan Web Yang Harus Diketahui Web Programmer
2. Melindungi Pendaftaran di Website

Beberapa perusahaan seperti Yahoo, Microsoft dan sebagainya menawarkan layanan email gratis. Sampai beberapa tahun yang lalu, sebagian besar layanan ini menderita jenis serangan “bots” tertentu yang akan mendaftar untuk ribuan akun email setiap menit. Satu-satunya Solusi untuk masalah ini adalah website harus menggunakan fitur captcha yang bisa mengkonfirmasi bahwa hanya dan cuma manusia yang dapat memperoleh akun gratis. Secara umum, layanan gratis harus dilindungi dengan captcha agar mencegah penyalahgunaan oleh berbagai skrip otomatis.

3. Melindungi Alamat Email Dari Scrapper

Fungsi captcha yang ketiga adalah melindungi alamat email anda dari scrapper. Spammer atau sebutan untuk orang yang suka menyebar spam, merangkak web untuk mencari alamat email yang diposting dalam teks. Untungnya, fitur captcha menyediakan mekanisme efektif yang bisa menyembunyikan alamat email anda dari pencakar web. Idenya adalah untuk meminta pengguna memecahkan captcha sebelum menampilkan alamat email anda sendiri.

4. Mencegah Serangan Kamus Pada Website atau Blog

Captcha juga bisa digunakan untuk mencegah serangan kamus dalam sistem sandi. Idenya sederhana, mencegah komputer untuk dapat iterate melalui seluruh ruang password dengan mengharuskan untuk memecahkan captcha  setelah beberapa kali login gagal. Ini lebih baik daripada pendekatan klasik mengunci account setelah urutan login berhasil, karena melakukannya memungkinkan penyerang untuk mengunci account.

Baca juga:   Pengertian Bandwidth Dan Cara Menstabilkan Koneksi Internet
5. Mencegah Search Engine Bot

Fungsi captcha yang terakhir adalah mampu mencegah search engine bot. Ya, kadang-kadang diinginkan untuk menjaga halaman Web unindexed untuk mencegah orang lain menemukan mereka dengan mudah. Ada tag HTML untuk mencegah mesin pencari bots dari membaca halaman web. Tag, bagaimanapun tidak menjamin bahwa bot tidak akan membaca halaman web. Hanya berfungsi untuk mengatakan “tidak bots, silakan.” Search engine bots, karena mereka biasanya milik perusahaan besar, halaman web menghormati yang tidak ingin memperbolehkan mereka. Namun, untuk benar-benar menjamin bahwa bot tidak akan memasuki situs web, captcha sangat diperlukan.

Jadi itu dia penjelesan tentang apa itu captcha dan fungsi captcha itu sendiri. Sebelum captcha ditemukan, sangat  banyak spammer dan hacker yang membuat program dimana program tersebut bisa melakukan pendaftaran secara berulang – ulang, otomatis dan yang pastinya para hacker tersebut menggunakannya untuk disalahgunakan. Contoh untuk polling hanya dengan membuat program spam mereka hanya membutuhkan waktu singkat untuk mendapatkan polling jutaan. Disamping fungsi dan kegunaanya yang positif captcha juga memiliki sisi negatif karena sering kali dianggap membuat pengguna internet menjadi malas dan enggan atau tidak mau melakukan signup dan pengisian formulir.

Bagi pemilik website atau blog atau sebagai seorang web developer, website anda sangat disarankan untuk menggunakan captcha. Karena dengan berbagai fungsinya,penggunaan capctha dapat meminimalisir penyalahgunaan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur captcha disediakan oleh Google dan bisa Anda dapatkan secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here