Alasan Kenapa Lebih Baik Install Windows Lewat BIOS Ketimbang Desktop

0
11
Install windows dengan BIOS
Install windows dengan BIOS

Sebelum masuk ke pembahasan install windows mari kita cari tahu dulu apa itu BIOS. BIOS adalah kependekkan dari Basic Input/Output System yang ada di dalam chipset motherboard. Fungsinya untuk mengenali adanya hardware pada komputer atau laptop ketika menyala. Nah, jika kalian mulai menancapkan flashdisk pada latop nanti BIOS akan segera mengenali dan menyiapkan perangkat tersebut agar terbaca.

Sedangkan Desktop adalah  suatu aplikasi yang dapat berjalan sendiri atau independen tanpa menggunakan browser atau koneksi internet disuatu Komputer.

Dalam menginstall windows kita dapat melakukannya lewat BIOS dan Desktop di komputer atau laptop.  Kedua cara ini mempunyai perbedaan yang dimana ada yang lebih baik salah satu diantaranya. Bukan berarti salah satunya tidak baik juga yah!

Mari kita bahas perbedaan install indows lewat BIOS dan Desktop. Sebenarnya, salah satu faktornya adalah masalah partisi.

Lewat BIOS: Bisa memilih partisi yang ingin kalian letakkan file windows nya.

Lewat Desktop: Instalasi windows langsung otomatis terinstall di data C kalian, artinya kalian tidak bisa memilih partisi.

Tapi disarankan lewat BIOS dibandingkan lewat Desktop. Kenapa?

Ada beberapa faktor kenapa kita lebih disarankan install lewat BIOS dibandingkan lewat Desktop, Diantaranya adalah:

  1. Data yang ada di Disk C bisa dibackup terlebih dahulu.
  2. Bisa mengatur partisi yang ingin kalian letakkan file windowsnya.
  3. Mencegah Brick atau masalah Conflict windows (windows .old).
  4. Lebih safety (dari segi Hardware ataupun software).

Itulah alasan kenapa lebih baik install windows dengan BIOS daripada Desktop. Jika kalian belum tahu cara instalasi windows lewat BIOS, ada baiknya cari tahu di Google, Youtube, atau Forum-forum diskusi mengenai dunia Teknik Informatika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here