Alasan-alasan Kenapa Web Developer Memilih Bahasa Pemrograman PHP

0
25

Seperti yang kita ketahui sebagai programmer bahasa pemrograman PHP tidak digunakan pada keseluruhan web developer, melainkan dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain. Misalnya saja untuk mengatur tampilan, layout, dan berbagai macam menu menggunakan CSS.

Selain itu, terdapat juga beberapa framework PHP; Laravel, Phalcon, Codigniter, Symfoni yang saat ini banyak tersedia di internet untuk memudahkan proses pengembangan website menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Maka dari itu, ada beberapa alasan web developer menggunakan bahasa pemrograman PHP antara lain:

1. User friendly

PHP relatif mudah untuk dikuasai dan dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Apabila suatu web memiliki fungsionalitas yang cukup kompleks, pembuatan kode bisa diminimalisir kalau kalian menggunakan PHP. Selain itu, aplikasi web yang menggunakan web PHP tergolong aman dibandingkan dengan aplikasi web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman lain.

2. Open source

PHP merupakan bahasa pemrograman yang tidak berbayar (open source) yang bisa digunakan oleh siapapun. Akses PHP yang cukup mudah merupakan salah satu keunggulan dari bahasa pemrograman ini.

Baca juga:   Begini Cara Mudah Membuat Module Bundler Sendiri

PHP dibuat pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. Ia merilis source code untuk umum. Setelah itu banyak programmer dari komunitas di internet ikut mengembangkan bahasa pemrograman ini.

3. High performance

PHP dapat meningkatkan kecepatan pengembangan suatu web serta memiliki performa yang maksimal pada server Apache. Selain itu, PHP juga dapat terintegrasi dengan baik pada database Mysql.

4. Cross platform

Cross platform/Multi platform artinya, PHP bisa berjalan lancar di berbagai OS. PHP merupakan pilihan yang tepat kalau kamu mau mengembangkan suatu website yang bisa berjalan lancar pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, dan Mac OS.

5. Dominant in CMS

Content Management System atau disingkat dengan CMS sebuah aplikasi untuk mengelola konten dari suatu website. Pada umumnya, para web developer mengembangkan CMS menggunakan PHP. Dengan PHP, kalian dapat mengembangkan beberapa CMS besar seperti WordPress, Drupal, Joomla dll.

Baca juga:   Orang-Orang Cerdas Dibalik Jenis Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman PHP
Bahasa pemrograman PHP

Umumnya pengembangan web dengan PHP lebih cepat jika dibandingan dengan bahasa pemrograman lainnya. Perangkat lunak yang rumit dapat diselesaikan secara mudah dengan PHP. Tentu menjadi keuntungan bagi para developer dan perusahaan karena ngirit waktu. Setuju?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here