7 Aplikasi Meeting Online alternatif selain Zoom yang bisa Kamu Coba untuk Work From Home

0
118

Sampai saat ini Pyhsical distancing masih diterapkan di berbagai negara demi meminimalisasi menyebarnya wabah Virus Corona. Hal itu membuat banyak perusahaan menerapkan aturan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Aplikasi telekonferensi Zoom yang menjadi salah satu aplikasi pilihan konferensi jarak jauh. Popularitas Zoom melesat sejak berbagai negara di dunia memberlakukan pembatasan, akibat pandemi virus corona.

Namun, Baru-baru ini, dikabarkan ribuan video rekaman pertemuan virtual di Zoom, bocor di internet. Hal itu telah dikonfirmasi oleh  CEO Zoom, Eric Yuan menyatakan bahwa aplikasinya tidak sepenuhnya aman. Ia pun berjanji akan menyelesaikan masalah privasi dan kemanan dalam beberapa bulan ke depan.

Lalu aplikasi apa lagi yang bisa dipakai untuk melakukan meeting online atau telekonferensi, selama masa Work From Home (WFH)? Berikut Ini adalah beberapa Aplikasi Meeting Online alternatif selain Zoom yang bisa Kamu Coba untuk Work From Home:

1. Whatsapp

Aplikasi pesan milik Facebook ini memang sudah sangat populer karena mudah digunakan dan dapat berfungsi di perangkat Android ataupun iOS. Apalagi dengan adanya fitur end-to-end encryption, ini berarti hanya kamu dan lawan bicara yang bisa membaca pesan dikirim.

Selain untuk berkirim pesan, tidak banyak orang yang mengetahui atau menggunakan WhatsApp sebagai panggilan video untuk rapat kerja atau berdiskusi jarak jauh. Kamu bisa menggunakan fitur video call ini dengan kapasitas maksimal 4 orang.

2. Skype

Aplikasi besutan Microsoft ini bisa digunakan pada perangkat Android, iOS, Mac, dan tentunya Windows. Skype menawarkan panggilan video dan audio, serta chatting. Skype mendukung obrolan hingga 50 orang panggilan audio dan dapat menampung 25 orang untuk bertatap muka secara online dalam satu kali panggilan, tergantung dari jenis perangkat yang digunakan.

Baca juga:   Fakta Mengenai Virus Joker Yang Melanda 24 Aplikasi Android

Tak hanya itu, Skype juga memungkinkan penggunanya untuk merekam, menyimpan, dan membagikan video call, dan menambahkan teks atau subtitle secara langsung.

3. Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet merupakan platform konferensi video terintegrasi dalam platform G Suite yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting via web, laptop, atau aplikasi di smartphone.

Aplikasi percakapan online milik Google ini mampu melakukan panggilan video dengan 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

4. Microsoft Teams

Untuk perusahaan yang meluncurkan Office 365, Microsoft Teams mengabungkan fitur chat, video dan audio call, dan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PowerPoint ke dalam satu hub.

Bagi kamu yang sudah memiliki dan berlanganan Office 365, layanan ini sudah langsung tersedia dan dapat langsung digunakan. Meski tidak punya, kamu bisa mengunduh software dan aplikasi ini secara gratis. Sejak Maret 2020, Microsoft meningkatkan batas pengguna pada versi gratis dan menawarkan trial secara gratis software tersebut selama enam bulan.

5. Facetime

Aplikasi ini dapat menggunakan kamera depan maupun kamera belakang untuk memperlihatkan suatu objek yang keapada para peserta dalam grup panggilan video tersebut. Bagi kamu yang memiliki perangkat Apple, Kamu dapat langsung mengunduhnya melalui Appstore.

Baca juga:   Mau Bikin Aplikasi Android Tanpa Ngoding? Kunjungi Website Berikut Ini!

6. Slack

Slack Merupakan aplikasi percakapan berbasis grup yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh sebuah grup perusahaan atau sebuah tim, seperti halnya para Programmer biasanya menggunakan aplikasi ini untuk berdiskusi antar tim. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagi dokumen dan panggilan video hingga 15 orang dalam sekali panggilan. Slack dapat digunanakan pada berbagai os seperti android maupun IOS.

7. Cisco Webex

Aplikasi ini mungkin sedikit asing bagi sebagian orang, namun aplikasi ini seringkali digunakan oleh sejumlah perusahaan besar yang masuk dalam daftar Fortune 500.

Aplikasi berbasis panggilan video ini memiliki jumlah maksimal peserta panggilan hingga 100 orang. Namun jumlah tersebut bervariasi tergantung paket langganan apa yang digunakan. Fitur di aplikasi Cisco Webex mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video. Aplikasi Cisco Webex bisa digunakan oleh pengguna Android maupun IOS .

Itulah beberapa Aplikasi Meeting Online alternatif selain Zoom yang bisa Kamu Coba untuk Work From Home selama masa pandemi Corona ini, semoga dengan kita bekerja dari rumah dapat menekan penyebaran virus covid-19 ini sehingga cepat selesai dan kita dapat beraktivitas secara normal kembali, amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here