5 Penyebab Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya

0
33
Loading Blog Lambat

Loading Blog yang lambat memang menjengkelkan, dan juga bisa membuat pengunjung enggan membaca blog tersebut dan kemudian meninggalkannya. Hal ini bisa berakibat pada jumlah view blog yang akan berkurang. Mungkin itu sebabnya mengapa google menekankan agar blog selalu tampil dengan cepat (ringan dan fast loading). Blog yang ringan dan cepat dari segi mobile maupun desktop akan membuat pengunjung nyaman dan tidak mudah pergi meninggalkan halaman blog.

Baca juga: Google Chrome Akan Menandai Website yang Lambat

Selain koneksi internet, biasanya loading Blog lambat disebabkan oleh terlalu banyaknya program dan aplikasi yang dipasang pada platform Blogspot sehingga kinerja blog menjadi sangat berat. Untuk mencegah hal itu, ini adalah beberapa Penyebab Loading Blog Lambat dan Cara Mengatasinya

1. Template atau tema blog yang berat

Template yang berat adalah faktor utama paling banyak dialami oleh blogger pemula yang menyebabkan blog lambat. Pasang template karena mementingkan tampilan luarnya saja tanpa memberhatikan kualitas template tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa Ganti template blog dengan template yang sudah SEO atau template yang ringan, fast loading, responsive, mobile friendly, valid html, valid CSS dan tidak ada struktur template yang error.

2. Terlalu banyak menggunakan widget

Menggunakan widget di blog memang penting, tetapi janganlah berlebihan. Biasanya para pemula memasang widget hingga memenuhi seluruh sidebar hanya karena mementingkan tampilan, pada kenyataanya hal itu hanya akan membuat blog semakin berat. Untuk menyelesaikan permasalahan ini solusinya adalah cukup dengan memasang widget yang penting saja seperti : label, populer post, recent post, dan pencarian.

Baca juga:   Punya Blog Baru? Ini Cara Mendapatkan Pengunjung Blog

3. Blog terlalu banyak gambar

Gambar memang merupakan salah satu konten pelengkap dalam blog. Tetapi gambar juga dapat menjadi salah satu Penyebab loading Blog lambat karena terlalu banyak menggunakannya. Jika postingan terlalu banyak gambar (lebih dari 1) dengan ukuran lebih dari 1 MB (1.000 kb), bisa dipastikan loading halaman blog tersebut akan lambat. Karena  server perlu memakan waktu lama untuk mengakses gambar tersebut, bahkan jika ukuran gambar terlalu besar, bisa jadi gambar akan crash atau gagal loading. Untuk mengatasinya, maka gunakanlah maksimal 2 hingga 3 gambar saja dalam 1 postingan dengan ukuran < 600 x 400  pixel, dan perkecil ukuran gambar dengan menggunakan aplikasi editor foto atau juga bisa dengan mengompress foto yang akan diupload dengan aplikasi pengompress gambar.

4. Terlalu banyak iklan di blog

Iklan memang merupakan ladang basah bagi para Blogger. Bahkan dengan menggunakan Google AdSense, memasang iklan pada blog akan menjadi sumber penghasilan yang sangat besar. Tapi ingat, bukan berarti kamu bisa memasang iklan sebanyak mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak. Sebab, iklan yang terlalu banyak juga menjadi Penyebab Loading Blog Lambat. Solusi untuk mengatasinya mudah, Batasi jumlah iklan yang akan kamu tampilkan pada halaman blog. Pasanglah maksimal tiga iklan pada posisi yang kamu inginkan agar loading Blog tetap stabil.

Baca juga:   Google Chrome Akan Menandai Situs Web yang Lambat

5. Hosting bermasalah atau sedang ganguan

Jika dari keempat poin di atas tidak ada masalah, maka bisa jadi penyebab loading Blog lambat adalah dikarenakan hosting atau server yang sedang bermasalah sehingga mempengaruhi akses ke halaman blog yang menjadi lambat. Apabila hal ini terjadi, solusinya adalah laporkan kepada pihak penyedia hosting dan menunggu ditindaklanjuti. Namun, jika blog kamu masih menggunakan platform Blogspot, maka masalah ini jarang terjadi karena Blogspot tidak perlu menggunakan hosting.

Itulah 5 Penyebab loading Blog lambat dan cara mengatasinya. Perhatikanlah penggunaan setiap detail tampilan pada blog, jangan sampai membuat halaman lambat diakses. karena halaman blog yang lambat diakses akan berpengaruh pada jumlah view blog tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here