5 Layanan Cloud Storage Gratis yang Banyak Digunakan di Indonesia

0
43

Saat ini layanan penyimpanan awan (Cloud Storage) memang sudah menjadi kebutuhan bagi kita semua, alasannya tentu karena dapat dengan mudah kita akses melalui komputer atau perangkat seperti mobile, tablets, laptop maupun PC desktop selama perangkat tersebut terhubung dengan internet dan mempunyai akses akun ke layanan cloud storage tersebut.

Layanan Cloud Storage memang kebanyakan berbayar, apalagi untuk para perusahaan yang membutuhkan kapasitas yang besar akan semakin besar juga biaya layanan per bulannya. Lalu bagaimana dengan orang biasa di indonesia yang mayoritas menginginkan layanan dengan Cuma-Cuma alias Gratis? Tenang, pada artikel ini akan kita bahas tentang Layanan Cloud Storage Gratis. Berikut 5 Layanan Cloud Storage Gratis yang Banyak Digunakan di Indonesia:

  1. Google Drive

Layanan Cloud Storage besutan Google ini menyediakan 15 GB penyimpanan gratis yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dll. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan, berbagi dan mengedit file Anda dengan mudah dari berbagai perangkat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses dan bekerja dengan file seperti dokument, spreadsheet dan presentasi. Google Drive yang gratis kapasitasnya hanya sampai 15 GB, jika kebutuhan anda lebih dari itu tentu ada biaya yang harus di tebus, Premium : $1.99 / bulan – 100 GB, $9.99 / bulan – 1 TB, $99.99 – 10 TB, $199.99 / bulan – 20 TB dan $299.99 / bulan – 30 TB.

  1. OneDrive

OneDrive merupakan layanan cloud storage dari Microsoft. Layanan ini sudah tersedia secara langsung bagi pengguna Windows 8 dan Windows 8.1. Layanan ini juga dapat digunakan di Web, Windows versi lama, Android, iOS, Windows Phone, dan Xbox apps. Anda dapat menyimpan berbagai jenis file di layanan ini seperti foto, video, dokumen, dan lainnya. Akan Tetapi jika Anda tidak menggunakan perangkat berbasis Windows, maka tidak ada kelebihan lainnya yang dimiliki oleh layanan OneDrive ini.

Baca juga:   Hal Negative Di Balik Aplikasi #AgeChallenge FaceApp Yang Harus Anda Tahu

Onedrive memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar  7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Seperti halnya Dropbox, microsoft juga akan memberikan Anda tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika Anda berhasil mengajak teman Anda atau siapa saja untuk juga menggunakan OneDrive dan juga 3 GB lebih untuk memungkinkan Anda mem-backup foto. Jika dirasa masih kurang Anda bisa membeli Paket Basic Pro : $1.99 / bulan dengan kapasitas sampai dengan 50 GB.

  1. Mega

Mega adalah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan file download upload yang pernah sangat populer. Setelah megaupload.com ditutup, sekarang perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage. Mega memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB, ini tentu merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar bisa Anda gunakan. Tetapi jika dirasa masih kurang Anda bisa membeli Paket Pro seharga $9.5 dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 4 TB.

  1. Dropbox

Dropbox merupakan layanan penyimpanan awan atau cloud storage terbaik di dunia saat ini, dengan layanan ini Anda dapat menyimpan semua file Anda dan sangat mudah untuk diakses maupun dibagikan ke orang lain. Dropbox mampu terintegrasi dengan baik di berbagai perangkat, baik itu PC, Mac, Android, ataupun iOS. Layanan ini sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan berbagai macam perangkat tersebut. Dropbox akan memberikan Anda ruang penyimpanan awan sebesar 2 GB gratis untuk setiap pengguna dan Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan yang lebih besar lagi sampai 16 GB gratis jika Anda berhasil mengajak teman Anda untuk juga menggunakan layanan cloud storage milik dropbox ini. Selain penawaran gratis dropbox juga menyediakan berbagai macam paket muli dari Pro, Business, hingga paket Enterprise dengan harga yang dapat di Nego sesuai kapasitas yang Anda butuhkan.

  1. Box

Box adalah layanan cloud storage yang lebih cocok bagi para pelaku bisnis dan IT, berbeda dengan dropbox yang lebih populer dikalangan individu. Box juga menyediakan fitur untuk memberikan komentar di file pengguna lain, memberikan notifikasi ketika terdapat perubahan pada file, dan fitur menarik lainnya. Box juga memberikan Anda kontrol lebih terhadap privasi dari file yang Anda simpan.

Baca juga:   Pengertian Bandwidth Dan Cara Menstabilkan Koneksi Internet

Box memberikan Anda 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaan pribadi. Dengan account pribadi Anda hanya dapat meng-upload file yang lebih kecil karena dibatasi 250 MB saja ke media cloud storage box. Anda juga dapat mengakses file Anda dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi. Tetapi jika dirasa masih kurang dengan jatah gratisnya, Anda bisa membeli Paket Personal Pro seharga $11.50 /bulan dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 100 GB

Itu dia 5 Layanan Cloud Storage Gratis yang Banyak Digunakan di Indonesia. Bagaimana? Sudah menentukan pilihan mau pakai layanan Cloud Storage yang mana? Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here