5 Jenis Font Pemrograman Terbaik untuk Para Developer ‘Ngoding’

1
152

Ngoding merupakan aktivitas rutin para programmer, walaupun bagi sebagian orang menganggap koding itu rumit, puyeng, stres. Tetapi bagi programmer, sebenarnya koding itu sesuatu yang mengasyikan, bikin penasaran dan ketagihan.

Salah satu faktor yang membuat kamu akan suka dengan koding adalah jenis font yang kamu pakai dalam editor. Ada jenis-jenis font khusus yang memang diciptakan untuk bahasa koding, tujuanya adalah memperindah huruf/karakter (tipografi) agar tidak bosan dan tidak membuat stres bila berlama-lama melihat jutaan sintaks dan ribuan baris setiap harinya. Berikut adalah jenis font pemrograman terbaik untuk para developer ngoding:

1. Fira Code

Fira Code adalah salah satu font paling populer untuk para pengembang, yang telah dikembangkan dengan ligatur pemrograman khusus dari tipografi Fira Mono di Mozilla.Seperti dalam gambar Sublime Text di atas,Jenis font ini juga terlihat sedikit lebih lembut daripada beberapa tipografi lainnya.

Baca juga:   Tertarik Menjadi Seorang Full Stack Developer? Ikuti Tips Berikut!

2. Consolas

Consolas adalah font konsol standar pada Windows, yang telah dimasukkan sejak Vista kembali pada tahun 2006. Font ini menawarkan teks yang sedikit lebih tebal daripada tipografi pengkodean lainnya, tetapi memang memiliki beberapa masalah keterbacaan, misalnya karakter yang sama untuk 1 dan l.

3. Input Mono

Input Mono adalah pilihan populer lain yang membedakan dirinya dengan tingkat kemampuan penyesuaian yang hampir luar biasa, dari lebar, bobot, tinggi baris, bentuk huruf alternatif dan banyak lagi yang berbeda. Bahkan dalam keadaan standarnya, Input Mono tetap menjadi font yang sangat mudah dibaca, meskipun di luar kotak itu tidak memiliki dukungan ligatur.

4. FiraFlott

FiraFlott adalah gabungan dua font dari Fira Code dan FlottFlott. Font ini meniru tampilan dari font operator mono yang agak mahal, FiraFlott menggabungkan font dasar yang dapat dibaca dengan huruf miring bergaya belati, seperti tangkapan layar di atas adalah contoh dari font FiraFlott.

Baca juga:   Pengertian Serta Fungsi Bahasa Pemrograman Yang Perlu Kalian Ketahui

5. Hack

Hack adalah jenis huruf yang dirancang khusus untuk pemrograman, dengan semua fitur penting seperti karakter O dan 0 yang mudah dibedakan, bisa dilihat contoh font Hack pada gambar diatas.

Itulah beberapa jenis font pemrograman terbaik untuk para developer ngoding. Sudah menentukan mau pakai font yang mana untuk ngoding? atau kamu sudah punya font favorit untuk coding? Yuk Beri tahu kami di komentar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here