5 Alasan Pentingnya Belajar Javascript bagi para Web Programmer

0
80
Belajar Javascript

Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan web untuk membuatnya lebih dinamis dan lebih interaktif. JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer dan banyak digunakan oleh developer di seluruh penjuru dunia yang mendistribusikan program mereka di situs tersebut.

Lalu mengapa JavaScript bisa menjadi begitu populer? Apa yang membuat JavaScript menjadi bahasa pemrograman yang tepat dipelajari oleh para programmer? Berikut adalah 5 alasan Pentingnya Belajar Javascript bagi para Web Programmer.

1. Fleksibel

Alasan mengapa JavaScript memiliki banyak penggemar adalah fleksibilitas. JavaScript dapat digunakan untuk berbagai platform dan dilengkapi dengan frameworks dan library yang memberi kemudahan dan efisiensi bagi pekerjaan developer. Awalnya JavaScript digunakan untuk pengerjaan front-end menggunakan framework seperti Jquery. Namun dengan pengembangan framework Node, kini JavaScript juga digunakan untuk back-end. Dengan kata lain, Developer yang menguasai JavaScript dapat berkontribusi lebih banyak dalam industri software.

2. Menjadikan frontend lebih Powerful

Kebanyakan website selalu menggunakan basis PHP, seperti WordPress contohnya. Semua logika web yang dibuat biasanya dikembangkan pada sisi server, inilah yang membuat sebuah web menjadi statis. Browser modern memungkinkan sebuah web menjadi lebih interaktif dan dinamis. Logika yang sebelumnya harus di-handle pada sisi server, berkat Javascript kini sepenuhnya dapat di-handle pada sisi client.

3. Bahasa dari banyak sekali aplikasi

Fungsi utama Javascript adalah untuk pengembangan frontend web. Tapi jaman sekarang, Javascript bisa digunakan untuk hal yang lebih banyak, seperti:

  • Server side script

Javascript bisa digunakan untuk sisi server. Contohnya adalah node.js, sebuah pengembangan dari Javascript yang tidak hanya dapat digunakan untuk ngoding dari sisi client tapi juga dari sisi server.

  • Aplikasi Mobile

Javascript bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile. Dulu memang aplikasi mobile hanya dapat dikembangkan dengan bahasa seperti java untuk android. Tapi sekarang, Javascript memungkinkan untuk digunakan dalam mobile API untuk membuat aplikasi mobile.

Baca juga:   Begini Cara Menyembunyikan "Reply" di Twitter

Javascript juga memungkinkan membuat aplikasi mobile baru, contohnya PWA, yang menggabungkan fitur-fitur web dengan fitur aplikasi mobile.

4. Kemudahan akses

Ada alasan kenapa Javascript penting untuk programmer web dan sering digunakan oleh programmer pemula. Disamping kelebihannya sebagai tools yang fleksibel, Javascript juga free dan semua resource-nya dapat kita gunakan sepenuhnya. Bisa dibilang, kita gak perlu mengikuti pelatihan khusus untuk memahami Javascript.

5. Membuat sebuah Web menjadi hidup

Tiga pondasi utama web yaitu HTML, CSS, dan Javascript berkaitan satu sama lain. Ketiganya membuat sebuah web menjadi lebih hidup. Dianalaogikan HTML sebagai kanvasnya, CSS sebagai kuas dan catnya, dan Javascript sebagai rasanya. Jadi jika kita browsing sebuah web, seolah-olah kita sedang berkeliling di sebuah galeri lukisan.

Itu beberapa alasan pentingnya belajar Javascript bagi para web programmer. Dengan Javascript sebuah web bisa menjadi lebih interaktif dan dinamis, dengan begitu pastinya dapat menarik pengunjung web semakin banyak dan betah berlama-lama mengunjungi website kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here