5 Alasan Mengapa Kalian Harus Menggunakan Bahasa Pemrograman Golang

0
57
Golang
Golang

Golang, juga dikenal sebagai bahasa pemrograman Go, dikembangkan oleh Rob Pike, Robert Griesemer dan Ken Thompson melalui Google, dan dirilis sebagai proyek open source pada tahun 2009.

Sampai sekarang, bahasa pemrograman Go telah digunakan oleh banyak perusahaan besar dalam upaya produksi mereka, yaitu Google, Dropbox dan Soundcloud.

Popularitasnya yang meningkat sebagai bahasa pemrograman, alasan menggunakan bahasa pemrograman ini adalah adanya beberapa keuntungan berikut:

1. Goroutines

Goroutines adalah fungsi yang bekerja bersamaan (waktunya) dengan fungsi-fungsi lain. Goroutines adalah thread yang ringan. Dibandingkan dengan thread, kebutuhan memori untuk menciptakan goroutine jauh lebih sedikit. Sebuah aplikasi Go bisa memiliki ratusan hingga ribuan goroutines yang bekerja bersamaan.

Golang menggunakan Goroutines yang merupakan mekanisme manajemen memori yang efektif, menggunakan memori 2Kb untuk setiap utas yang dibuat oleh Java. Dibandingkan dengan ruang memori 1Mb yang sering digunakan untuk fungsi yang sama, ini tentu merupakan perbaikan yang berguna dalam menjalankan beberapa utas secara bersamaan.

2. Cepat dan efisien

Meskipun Golang dirancang untuk mengembangkan aplikasi berkinerja tinggi, struktur dan sintaksnya ternyata sangat sederhana, dan dapat membuat kode penulisan menjadi upaya yang lebih sederhana dan lebih efisien, karena dapat memproses kompilasi lebih cepat, sehingga membantu proses pengembangan bersama dalam periode waktu yang lebih singkat.

3. Sederhana dan mudah dipelajari

Sintaks Go relatif mudah dipelajari, khususnya dalam hal pemrogram pemula. Fungsi kompleks hampir tidak ada dan, di samping itu, dokumentasi disajikan dengan cara yang terstruktur dan rapi. Lebih lanjut, jika Anda sudah mahir dalam C ++ atau C #, Go tentu dapat menguntungkan untuk dipelajari, karena sintaksnya mengingatkan pada bahasa pemrograman C.

4. Menggunakan fungsi Garbage Collection

Bahasa pemrograman Go menggunakan fungsi Garbage Collection atau pengumpulan sampah yang membantu mengelola ruang memori dengan benar dan memiliki efek signifikan pada kinerja dan menjaga konkurensi secara efektif.

5. Didukung oleh Google

Google adalah salah satu infrastruktur yang terbesar di dunia, dan terus ditingkatkan. Golang sengaja dibuat untuk menanggapi masalah yang berkembang paralel dengan peningkatan besar-besaran seperti itu, dan untuk mendukung skalabilitas dan efektivitas sistem mereka. Oleh karena itu, dalam hal skalabilitas, Golang adalah bahasa pemrograman yang sangat andal.

Bahasa pemrograman GO
Bahasa pemrograman GO

Jadi, Bahasa pemrograman Go merupakan bahasa yang bagus dan memiliki keunikan yaitu modelnya lebih sederhana. Go tidak mendukung untuk pemrograman secara Object Oriented Programming dikarenakan Go tidak memiliki kelas dan objek. Tetapi Go memiliki Struct, struct adalah tipe yang ditentukan oleh pengguna.

Baca juga:   Fakta Mengenai Buku Informatika Untuk SD, SMP, SMA dan SMK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here