4 Tips Yang Harus Kalian Ketahui Untuk Menghadapi Error Saat Ngoding

0
81
Menghadapi Error Saat Ngoding
Menghadapi Error Saat Ngoding

Buat kalian yang sudah terjun ke dunia programming pasti kalian sudah menemui berbagai jenis error saat ngoding. Jangan khawatir, saat kalian masuk dunia kerja variasi error akan semakin bertambah banyak dan sulit untuk dipecahkan.

Tapi jangan jadikan hal seperti itu alasan untuk menyerah. Dengan keadaan yang seperti itu malah akan membuat kalian menjadi lebih berkembang. Frustasi adalah reaksi umum setiap orang ketika masalah tak kunjung terpecahkan. Tidak jarang juga bukannya solusi yang didapat malah kepala yang semakin pusing.

Error, bugs dan masalah-masalah lain saat ngoding adalah hal yang lumrah dalam dunia programming. Kali ini Devhoz akan kasih kalian tips untuk menghadapi error saat ngoding :

Siapkan Mental

Yang pertama kalian lakukan bahkan sebelum mulai ngoding adalah menyiapkan mental yang cukup bahwasanya akan ada error yang sedang menunggu kalian. Ketika error sudah bermunculan dan tak kunjung terselesaikan, timbulah perasaan panic karena deadline semakin dekat. Tapi percayalah, kepanikan tidak membuat keadaan semakin baik. Justru malah sebaliknya.

Baca juga:   Faktanya Tidak Banyak Sarjana IT Di Indonesia Yang Jadi "Programmer"

Dalam keadaan panik seperti ini cobalah melakukan hal yang bisa mengubah mood kalian lebih tenang.

Baca Pesan Error

Saat ngoding akan ada mekanisme penanganan keselahan dengan menampilkan pesan-pesan kesalahan sesuai jenis kesalahannya.Terkadang para programmer terlalu fokus karena ada masalah errornya saja tapi tidak memperhatikan pesan kesalahannya. Maka dari itu pehatikan dan pahami setiap pesan kesalahan yang keluar saat muncul error.

Cari Tahu

Setelah tahu apa pesan error yang muncul hal selanjutnya yang kalian lakukan adalah mencari tahu solusi memperbaikinya. Ada beberapa cara untuk mencari tahu solusinya yaitu dengan menanyakan kepada teman seprofesi, bertanya di forum di internet atau bisa langsung ke Google.

Sesuaikan Konfigurasi

Lakukanlah konfigurasi yang terisolasi untuk kebutuhan development. Environment contohnya seperti program apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu aplikasi, lalu konfigurasi-konfigurasi server seperti web server, table dan isi database, permission dan lain-lain. Carilah cara yang tidak memakan waktu lama dan hindari yang rentan dengan kesalahan.

Baca juga:   Sering Dijumpai, Inilah Kesalahan Terbesar Yang Pernah Kalian Alami Ketika Ngoding

Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika menghadapi error saat ngoding. Ketahuilah selalu ada Solusi di setiap masalah. Ketika berhadapan dengan suatu masalah, yakinlah bahwa solusinya sedang bersembunyi di suatu tempat dan tugas kita adalah menemukannya.

Loading...
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here