10 Website Belajar Coding Gratis, Membantu Kembangkan Skill Programming Kalian

0
495

Istilah Coding tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu mahasiswa IT atau seorang profesional yang berkecimpung di bidang IT. Mungkin bagi mereka yang diluar bidang IT istilah tersebut akan sedikit asing karena kurang familiar. Coding merupakan proses menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding, juga biasa disebut dengan programmer.

Pada era digital seperti sekarang ini, tanpa programmer tidak akan ada aplikasi seperti Gojek, Facebook, ataupun Mobile Banking yang salah satu fiturnya memungkinkan kita untuk dapat menarik uang tanpa kartu di mesin atm. Semua aplikasi itu dibuat oleh programmer.

Memang kelihatannya sulit menjadi programmer yang handal, tetapi dengan niat dan tekat yang kuat sebenarnya tidaklah sulit menjadi programmer. Banyak cara yang bisa kamu coba untuk belajar coding secara otodidak, bahkan tanpa biaya sama sekali.

Di bawah ini ada 10  website belajar coding gratis yang bisa kamu akses tanpa meninggalkan rumah. Kamu hanya perlu menghubungkan perangkat ke jaringan internet dan kamu bisa belajar coding sesukamu.

1. CodeAcademy

CodeAcademy merupakan website belajar coding online yang cocok untuk pemula sampai dengan tingkatan yang lebih expert. Selain belajar coding, ada juga kuis yang bisa Kamu coba untuk mengukur kemampuanmu memahami materi yang sedang dipelajari.

Kamu bisa memulai kursus dengan Membuat website Sederhana atau belajar bahasa pemograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, dan Ruby.

2. CodeWars

CodeWars adalah website yang cocok bagi kamu yang suka tantangan sekaligus ingin belajar coding web. Website ini menawarkan sebuah metode kode Kata. Kata disini bukan bahasa indonesia melainkan seni latihan yang digunakan untuk belajar pemograman dengan metode latihan dan pengulangan.

Seiring dengan kemajuan proses belajar kamu dan semakin tinggi tingkatan yang sudah Anda selesaikan maka akan dihadapkan dengan tantangan yang lebih sulit. Anda juga bisa membuat Kata anda sendiri untuk diselesaikan orang lain dan berdiskusi dengan mereka.

3. W3schools

Situs W3school merupakan website yang cocok untuk kamu yang lebih suka cara belajar coding dasar dengan cara langsung praktek. W3school  menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga kamu bisa belajar sekaligus mempraktekan materi yang sudah dipelajari.

Baca juga:   Rekomendasi Aplikasi Ngoding Untuk Smartphone Android

Bahasa pemograman yang disediakan lebih ke bahasa Pemograman website, seperti JavaScripts, AngularJS, dan beberapa bahasa pemograman lainnya.

4. Free Code Camp

FreeCodeCamp merupakan website belajar coding yang menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya. Terdapat juga panduan Coding Interview Preparation yang bisa kamu gunakan untuk persiapan sebelum melakukan wawancara coding.

Pada website ini kamu juga bisa memperoleh sertifikat secara online, bagi kamu yang mencari sertifikasi bahasa pemograman. Tidak hanya itu, disini juga tersedia forum yang bisa kamu manfaatkan untuk berdiskusi menyelesaikan masalah coding yangkamu alami, dan sebaliknya, kamu juga bisa mencoba membantu permasalahan rekan lainnya.

5. Hack.Pledge()

HackPlegde() merupakan bagian dari Hack(dot) lainnya, seperti hack.summit(), hack.hands(), dan hack.vc() . HackPlegde() bisa menjadi salah satu jalan lain yang bisa Kamu coba untuk terus belajar coding, karena website ini merupakan wadah bagi para developer untuk berkumpul berbagi informasi satu sama lain. Selama satu jam kamu bisa menjadi mentor sekaligus mencoba mendiskusikan permasalahan kamu dengan pengguna lain dengan berkomunikasi secara langsung. Seperti slogannya “Mentor the next generation of developers or learn from the best and master your craft“.

6. Udemy

Udemy menyediakan layanan yang sangat lengkap. Mulai dari kursus kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainnnya. Disini kamu bisa belajar coding php dan pemograman lainnya sesuai dengan tipe belajar kamu.

Karena website ini tidak semuanya gratis, kamu bisa mencoba mencari kursus apa saja yang disediakan di website ini melalui kolom pencarian dengan kata kunci “free” dana semua kursus online secara gratis bisa kamu temukan disana.

7. Coursera

Coursera merupakan website menyediakan banyak tutorial yang bisa kamu pelajari, mulai dari bisnis, seni, matematika, dan tentunya tutorial untuk belajar coding. Mulai dari pemograman dasar sampai dengan expert bisa kamu temukan. Termasuk jika kamu ingin mencari sertifikat secara online. Walaupun tidak semua kursus gratis, setidaknya di website ini mempunyai banyak kursus gratis yang bisa kamu coba untuk memulai belajar coding.

8. The Odin Project

The Odin Project merupakan versi gratis dari  Viking Code School. Di website kamu bisa belajar mengenai HTML + CSS, Javascript, Database, Git, Ruby, dan Ruby On Rails secara gratis. Situs ini juga menyediakan alat untuk mengkoneksikan Anda dengan orang yang sedang belajar lainnya sehingga bisa menukarkan ide dan membangun tim dalam sebuah proyek.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Kecepatan Website dengan Leverage Browser Caching

9.  Code Avengers

CodeAvengers menawarkan cara belajar membuat aplikasi, game, dan website secara langsung. Anda juga bisa belajar bahasa pemograman seperti Python, HTML & CSS, Javascript dan banyak lainnya.

Website ini membedakan kursus dengan menggunakan nama ProCourses, School Teacher, dan JrCourses. JrCourse ditujukan untuk orang tua atau anak – anak seumuran 5 sampai 14 tahun yang ingin belajar bagaimana pemograman bekerja.

10. CodeSaya

CodeSaya merupakan salah satu website kursus yang dibuat oleh salah satu coder di Indonesia. Walaupun sampai saat ini masih dalam proses pengembangan. Tetapi, kamu sudah bisa coba dan pakai untuk belajar coding secara gratis sekaligus bisa membantu pengembang untuk terus mengembangkan website tersebut dengan mencoba sistem yang telah disediakan. CodeSaya adalah tempat bagi yang ingin belajar teknologi khususnya dalam pemograman Python, PHP, JavaScript, dan lain – lain.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk belajar coding, salahsatunya adalah melalui Website Belajar Coding Gratis. Kamu tinggal memilih akan menggunakan website mana yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan kamu. Karena pasti setiap orang memiliki karakteristik jenis belajar yang berbeda. Jika ditengah proses belajar coding kamu menemui kesulitan, jangan ragu untuk bertanya pada forum yang tersedia. Karena disetiap masalah pasti ada solusi dan jalan keluarnya. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here